counters Ketahui Awal Mula Proses Terjadinya Petir - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Proses Terjadinya Petir

2 min read

proses terjadinya petir

Proses Terjadinya Petir – Alam semesta kita sering kali menunjukkan berbagai macam fenomena-fenomena alam yang sangat beragam. Fenomena alam ini terbagi menjadi dua jenis, yakni yang tidak membahayakan dan juga yang membahayakan bagi makhluk hidup.

Salah satu fenomena alam yang sering ditemui dan dialami oleh manusia adalah petir. Petir merupakan gejala alam yang sering terjadi ketika memasuki musim penghujan. Biasanya munculnya petir ini dibarengi dengan kilatan cahaya beserta suaranya yang menggelegar.

Petir ini sering dianggap sebagai fenomena alam yang menakutkan. Terlebih lagi jika kilatan cahaya yang dihasilkan terlihat sangat kentara dan mempunyai suara yang memekakan telinga.

Mengapa Kilat Lebih Dulu Muncul daripada Suara Petir

proses terjadinya kilat
akamaized.net

Tentu saja munculnya fenomena alam petir ini tidak terjadi begitu saja dan terlebih dulu melalui beberapa tahapan proses sehingga dapat menghasilkan petir dengan kilatan. Lantas bagaimana awal mula proses terjadinya petir?

Bagi Anda yang penasaran, yuk simak proses terjadinya petir berikut ini. Anda pasti pernah melihat petir ketika sedang berlangsung hujan lebat. Petir yang disertai dengan gemuruh dan kilat cahaya termasuk jenis petir yang menakutkan bagi sebagian orang.

Namun, tahukah Anda mengapa kilat cahaya lebih dulu terlihat dibanding dengan suara gemuruh? Jadi, kilat cahaya lebih dulu muncul dikarenakan adanya selisih waktu antara kecepatan cahaya dari kilat dengan kecepatan suara yang dihasilkan oleh gemuruh.

Oleh sebab itulah, Anda akan lebih dulu melihat kilat cahaya ketika muncul petir dibandingkan dengan mendengar suara gemuruh.

Awal mula proses terjadinya petir ini dikarenakan oleh perbedaan potensial antara bumi dengan awan ataupun awan yang satu dengan awan lainnya. Agar Anda lebih mudah memahami proses terjadinya petir, maka akan dijelaskan dengan detail pada setiap prosesnya.

  • Proses terjadinya muatan awan dikarenakan awan terus menerus bergerak dengan ritme yang teratur.
    Selama pergerakan berlangsung, awan ini akan berinteraksi dengan awan-awan lain yang nantinya menghasilkan muatan negatif dan terkumpul pada satu sisi. Sedangkan pada sisi yang lain muatan positif akan berkumpul.
  • Setelah itu, terjadi proses pembuangan muatan negatif. Muatan negatif akan dibuang jika terjadi perbedaan potensial diantara bumi dan awan yang sangat besar.
    Adanya perbedaan potensial ini akan menyebabkan terjadinya pembuangan muatan negatif yang ada pada awan menuju ke bumi dengan tujuan untuk mencapai keseimbangan antara muatan negatif dengan muatan positif.
  • Ketika terjadi proses pembuangan muatan negatif pada awan, terdapat media yang digunakan untuk melewati atau melalui elektron yang merupakan muatan negatif itu sendiri. Media yang digunakan adalah udara.
  • Saat elektron atau muatan negatif tersebut telah mampu menembus pada ambang batas isolasi di udara, maka proses ini akan menimbulkan suara ledakan. Ledakan ini mempunyai suara yang sangat menggelegar. Suara inilah yang dikenal sebagai gemuruh atau suara petir.
  Macam-macam Lapisan Atmosfer

Itulah awal mula proses terjadinya petir yang dapat Anda ketahui. Petir ini sebenarnya bukan suatu hal yang menakutkan. Hanya saja terkadang dampak dari adanya petir ini menimbulkan kerugian bagi makhluk di bumi.

Tidak jarang banyak tempat-tempat yang tersambar petir sehingga mengalami berbagai kerugian. Adapun efek dari adanya sambaran petir ini adalah efek listrik akibat arus petir yang akan mengakibatkan timbulnya tegangan tinggi di sekitaran elektroda bumi yang tentu saja akan sangat membahayakan manusia.

Selanjutnya adalah efek tegangan tembus-samping yang mampu mengakibatkan risiko berbahaya bagi struktur bangunan. Efek terakhir yang ditimbulkan oleh sambaran petir adalah efek thermal.

Masalah yang Muncul Akibat Petir

bahaya akibat petir
dw.com

Namun tidak hanya itu saja, petir yang menggelegar juga mampu menimbulkan berbagai macam masalah, seperti konsleting pada aliran listrik yang mengakibatkan pemadaman secara mendadak, kebakaran akibat sambaran listrik, dan juga membuat sistem komunikasi terganggu.

Bahkan terkadang sistem komunikasi menjadi terputus akibat adanya petir ini. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi, sambaran petir juga dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, terlebih pada bangunan-bangunan tinggi.

Kehadiran petir tidak bisa diatasi karena pasti akan selalu muncul jika musim penghujan telah tiba. Terlebih lagi jika hujan turun dengan sangat deras dan disertai angina yang kencang. Maka sudah dapat dipastikan jika petir menggelegar akan berdatangan seiring dengan rinai hujan.

Namun, ada upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi terjadinya sambaran petir, yakni mencabut colokan listrik ketika hujan deras ataupun sudah terdengar gemuruh, mencabut semua barang elektronik yang dialiri oleh listrik, menjauhi telepon karena dikhawatirkan petir akan menyambar, dan juga menjauhi benda-benda berbahan dasar logam.

Cara Menangkal Petir

Selain itu, terdapat cara untuk mengatasi sambaran petir bagi bangunan atau gedung-gedung tinggi, yakni dengan cara memasang penangkal petir di bagian-bagian yang rawan tersambar petir.

  Pengertian Gunung Meletus

Adapaun bagian-bagian gedung yang dapat dipasang penangkal petir adalah gedung yang mempunyai banyak lantai, bangunan dengan atap yang mudah terbakar, bangunan yang menyimpan barang mudah terbakar atau meledak, bangunan vital dan bersejarah, dan lain-lain.

Pastikan juga untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan ketika musim penghujan.

Apalagi jika hujan turun disertai dengan petir. Jika Anda terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, maka lebih baik tidak berteduh di bawah pohon ketika hujan tiba, tidak berdiri menggerombol, dan tidak berada di dekat tiang listrik ataupun bangunan yang memiliki aliran listrik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai proses terjadinya petir, dampak dan efek, serta cara untuk mengatasi sambaran petir yang dapat Anda lakukan ketika sedang terjadi petir.

Pastikan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri Anda.

Proses Terjadinya Petir

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Macam-macam Lapisan Atmosfer

yong bi
3 min read

Pengertian Gunung Meletus

yong bi
3 min read

Hujan Asam

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *