counters Pengertian Gunung Meletus dan Tanda-Tanda yang Wajib Anda Ketahui
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Pengertian Gunung Meletus

3 min read

pengertian gunung meletus

Pengertian Gunung Meletus – Ada banyak sekali fenonema alam yang sering terjadi di sekitar kita. Fenomena alam biasanya merupakan aktivitas alami yang terjadi akibat proses-proses tertentu.

Sebagai negara yang mempunyai banyak gunung dan pegunungan, Indonesia kerap kali mengalami fenomena gunung meletus. Fenomena ini adalah satu diantara banyak bencana alam yang memberikan efek dahsyat bagi makhluk hidup.

Hal ini karena letusan dari sebuah gunung sering kali merenggut korban jiwa dan kerugian materiil dengan nominal yang cukup besar.

Pengertian Gunung Meletus

gunung vulkanik
imgix.net

Secara umum, pengertian gunung meletus merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh endapan magma yang berada di perut bumi dan kemudian menyembur ke atas karena gas di dalam bumi yang memiliki kekuatan tinggi.

Dari penjelasan pengertian gunung meletus tersebut, sudah dapat dibayangkan betapa mengerikannya gunung meletus ini. Sebenarnya gunung meletus dapat dideteksi melalui status pada gunung. Hanya saja terkadang gunung dapat meletus secara tiba-tiba.

Fenomena alam gunung meletus ini diawali pada aktivitas batas lempeng bumi yang mendapati perbedaan suhu dan tekanan secara signifikan.

Perbedaan ini dapat melelehkan material batuan yang berada di sekitar lempeng bumi atau yang lebih sering disebut sebagai magma dan cairan pijar. Cairan magma ini terbuat di dalam perut bumi dengan suhu panas yang sangat tinggi.

Pada kedalaman tertentu, suhu yang tinggi ini akan meleburkan seluruh material yang berada di dalam perut bumi.

Magma ini kemudian akan menembus material di sekitarnya lewat belahan yang dekat pada permukaan bumi. Ketika material-material tersebut meleleh, maka dapat menghasilkan gas yang bercampur dengan magma tadi.

  Hujan Asam

Magma yang dikeluarkan oleh gunung tercipta di kedalaman sekitar 60 KM hingga 160 KM berada di bawah permukaan bumi. Selanjutnya magma yang telah bercampur dengan magma tersebut menerima tekanan dari batu-batuan yang ada di sekitaran kawah.

Akibat dari tekanan inilah magma bergerak keluar dan menciptakan gunung meletus. Magma beserta gas yang meledak bersamaan hingga membentuk lubang yang kerap disebut sebagai lubang utama.

Sebagian dari magma serta material vulkanik lain yang ikut menyembur akan membentuk seperti mangkuk pada puncak gunung.

Dampak negatif dari gunung meletus ini tentu saja dapat dilihat dari kerugian material yang harus ditanggung para korban bencana alam gunung meletus ini.

Selain itu, dampak negatif setelah gunung meletus adalah udara yang mengandung gas beracun, debu vulkanik yang berjatuhan dari puncak gunung, dan juga awan panas.

Tidak hanya itu saja, akibat dari gunung berapi lainnya adalah jatuhnya piroklastik. Butiran piroklastik ini merupakan hasil dari letusan gunung berapi yang terdiri dari abu vulkanik, bebatuan, serta gas panas yang bergerak dengan cepat.

Kerusakan bangunan, lahan pertanian, dan juga peternakan merupakan dampak negatif lain yang dirasakan warga setempat pasca mengalami bencana alam gunung meletus. Sumber air juga jadi tercemar.

Akibatnya warga sulit mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi ataupun memasak. Akan tetapi, ada beberapa dampak positif dibalik dampak negatif seperti yang telah disebutkan tadi.

Adapun dampak positif dari bencana alam gunung meletus antara lain adalah lahan menjadi lebih subur, material-material dari gunung yang keluar bersamaan letusan bisa menjadi sumber mata pencaharian baru, munculnya sumber energi dari panas bumi, area wisata baru di daerah pasca gunung meletus, dan masih banyak lagi.

Tanda Alam yang Muncul Sebelum Gunung Meletus

tanda tanda gunung
idntimes.com

Indonesia banyak mengalami fenomena alam gunung meletus karena masih banyak gunung berapi dengan status aktif yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Penyebab sebuah gunung berapi dapat meletus adalah karena terjadi peningkatan gempa vulkanik, pergerakan lempeng tektonik yang berada di lapisan bumi, pergesekan yang terjadi pada dua lempeng, dan adanya tekanan yang sangat tinggi pada perut bumi.

  Macam-macam Lapisan Atmosfer

Sebenarnya sebelum sebuah gunung berapi meletus, warga sekitar akan merasakan tanda-tanda alami yang pasti terjadi sebelum gunung meletus terjadi. Beberapa tanda alami gunung meletus adalah sebagai berikut.

a. Suhu meningkat di sekitaran gunung

Suhu di sekitaran gunung akan meningkat secara drastis dikarenakan aktivitas gunung berapi. Suhu ini tentu saja akan memengaruhi lapisan magma.

b. Mata air yang berada di sekitar gunung menjadi kering

Dikarenakan suhu yang semakin meningkat, maka sumber mata air di sekitar gunung akan mengering. Air ini akan menguap seiring meningkatnya suhu.

c. Tanaman menjadi layu

Tanaman yang layu ini diakibatkan karena suhu panas dan erupsi gunung berapi.

d. Banyak hewan liar yang turun gunung

Akibat suhu yang terus meningkat dan sumber mata air menjadi kering, banyak hewan liat yang turun gunung karena kehilangan habitat aslinya.

e. Suara gemuruh yang sering kali terdengar

Suara gemuruh menjadi tanda-tanda gunung meletus yng dapat Anda rasakan secara langsung. Bahkan terkadang gemuruh terjadi pada saat malam hari.

f. Keluarnya awan panas

Awan panas adalah tanda jika gunung berapi sedang aktif dan siap untuk meletus.

g. Terjadinya hujan abu

Meskipun belum meletus, namun terkadang pada beberapa gunung berapi akan mengeluarkan hujan abu sebelum mengalami letusan.

Itulah beberapa penjelasan pengertian gunung meletus, proses terjadinya gunung meletus, dampak negatif dan positif dari adanya gunung meletus, dan juga tanda-tanda yang dapat Anda rasakan sebelum gunung berapi meletus.

Apabila Anda merasakan tanda-tanda seperti yang telah disebutkan tadi, maka Anda patut waspada dan selalu siap sedia jika sewaktu-waktu terjadi gunung meletus.

Jika BMKG menghimbau untuk segera mengungsi, maka Anda harus segera mengikuti instruksi tersebut. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai hutan hujan yang dibahas secara jelas.

Pengertian Gunung Meletus

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Macam-macam Lapisan Atmosfer

yong bi
3 min read

Proses Terjadinya Petir

yong bi
2 min read

Hujan Asam

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *