counters Penyebab Pencemaran Lingkungan | Pengertian, Dampak, Jenis
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

3 min read

penyebap pencemaran lingkungan

Pencemaran Lingkungan dapat disebabkan oleh berbagai jenis polutan. Namun beberapa juga terjadi karena faktor atau proses alami itu sendiri. Pencemaran dapat terjadi di air, udara, dan tanah.

Pencemaran yang disebabkan oleh manusia kebanyakan merusak atau bahkan membahayakan lingkungan dan ekosistem di sekitarnya. Beragam faktor berikut adalah penyebab terjadinya pencemaran yang merugikan.

Penyebab Terjadinya Pencemaran

pencemaran lingkungan
suarabali.com

Pencemaran bisa terjadi akibat dari aktivitas alam maupun kegiatan manusia seperti berikut.

1. Proses alam

Ada beberapa kejadian alam yang secara otomatis memberi dampak pencemaran. Lokasi yang terdampak biasanya hanya di sekitar terjadi aktivitas alam dan berlangsung tidak lama. Salah satunya adalah kebakaran hutan karena suhu yang terlalu panas.

Beberapa kawasan diketahui memiliki jenis tanah yang rawan sekali terjadi kebakaran. Adanya peningkatan suhu seperti yang terjadi di musim panas atau musim kemarau mengakibatkan munculnya titik-titik api.

Kondisi tanah dan pepohonan yang kering di musim kemarau akan menjadi mudah terbakar. Pencemaran lingkungan tersebut dapat semakin parah apabila kondisi angin yang cukup kencang. Pencemaran yang dihasilkan dari peristiwa kebakaran adalah pencemaran udara.

Tidak hanya menjadi kotor, kebakaran hutan kerap kali mengganggu aktivitas penerbangan. Untuk menghindari hal tersebut, dilarang membuka lahan baru dengan cara dibakar terutama di daerah atau kawasan yang memang terkenal rawan.

Selain kebakaran hutan, proses alam yang juga menimbulkan pencemaran adalah gunung meletus. Kawasan cincin api seperti Indonesia memiliki banyak gunung api aktif. Pada saat erupsi, gunung akan mengeluarkan debu vulkanik yang mencemari udara.

Tidak hanya di sekitar gunung, tetapi bisa berkilo-kilo meter dampaknya karena terbawa angin. Sejarah juga mencatat proses alam yang menyebabkan pencemaran dalam waktu sangat lama yakni paska meletusnya gunung Krakatau.

2. Aktivitas manusia

Aktivitas manusia
medialokal.co

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan atau dampak dari kegiatan manusia bisa berlangsung terus menerus. Ada banyak kegiatan yang menjadi penyebab pencemaran, mulai dari kegiatan rumah tangga, industri, transportasi, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan tersebut saling mempengaruhi dan mengakibatkan pencemaran secara kompleks.

– Kegiatan rumah tangga

Aktivitas rumah tangga menjadi salah satu penyumbang pencemaran terbesar. Sampah yang dihasilkan seperti limbah kotoran, sampah produk plastik, dan limbah air masuk ke lingkungan bebas dan mencemari lingkungan.

  Apa Itu Curah Hujan

Limbah rumah tangga yang berupa sampah anorganik adalah masalah yang paling serius. Bisa dilihat dari limbah plastik yang setiap hari dihasilkan oleh rumah tangga.

Pencemaran lingkungan tersebut bahkan tidak hanya merusak kawasan sekitar pemukiman, tetapi sudah sampai ke kawasan laut luas.

Sampah plastik dan kaleng yang biasa dihasilkan dari bungkus makanan banyak dibuang sembarangan dan berakhir di laut. Pencemaran ini berdampak sangat luas dan sulit diatasi karena jenis sampah yang memang sulit untuk dihancurkan.

Masyarakat pun banyak dihimbau untuk bisa mengurangi penggunaan plastik sekali pakai demi keselamatan bumi dari pencemaran limbah plastik. Tidak hanya itu, aktivitas rumah tangga seperti penggunaan sabun, detergen, pewangi, dan pemutih pakaian yang limbahnya masuk ke perairan akan mengganggu pH air.

Larutan sabun dapat meningkat keasaman air sehingga mengancam kehidupan organisme yang ada di sungai, kolam, danau, parit, dan di kawasan perairan lainnya. Penyebab pencemaran lingkungan dari aktivitas rumah tangga lainnya adalah limbah kotoran.

Feses atau kotoran manusia dapat mencemari air sungai dan air tanah karena terdapat bakteri E Coli di dalamnya. Penanggulangan secara edukatif perlu dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat pentingnya mencegah pencemaran dan menjaga lingkungan.

– Aktivitas Industri

Sektor industri adalah penyebab pencemaran lingkungan terbesar, apalagi untuk jumlah industri yang sudah skala besar. Berbagai pabrik menghasilkan sampah dan limbah yang dibuang ke alam dan memberikan dampak pencemaran.

Aktivitas pabrik yang mengolah bahan mentah hingga menjadi barang jadi melewati berbagai proses yang masing-masing menghasilkan limbah.

ampaknya pun sangat bangat, mulai dari pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, hingga pencemaran suara. Banyak sekali pabrik atau tempat industri yang setiap hari menghasilkan sampah yang tidak bermanfaat.

Namun ada pula beberapa jenis industri yang sampahnya dapat dimanfaatkan kembali sehingga tidak mencemari lingkungan. Salah satu contohnya adalah industri yang menghasilkan sampah berupa ampas tahu.

Ampas tahu tersebut dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak. Namun limbah cair dari pabrik tahu hingga kini masih banyak yang belum teratasi dan limbahnya langsung dialirkan ke sungai.

Tempat atau pabrik harus memiliki unit pengelolaan limbah dan tidak menghasilkan produk yang dapat mencemari lingkungan. Pabrik dilarang menghasilkan produk seperti lemari es, sprayer, dan AC yang menggunakan CFC.

  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

– Aktivitas transportasi

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas transportasi pada umumnya adalah berupa polusi udara. Sisa pembakaran dari bahan bakar yang digunakan kendaraan bermotor menghasilkan polutan yang merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.

Pembangunan jalan juga memberikan dampak pencemaran seperti resapan air tanah yang berkurang. Dampak dari aktivitas transportasi termasuk beragam, mulai dari pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran suara, dan masih banyak lagi.

Penggunaan kendaraan dengan bahan bakar ramah lingkungan pun menjadi salah satu solusinya.

– Aktivitas pertanian

Ada berbagai jenis sampah atau limbah yang dihasilkan dari aktivitas pertanian. Namun yang paling sering ditemukan adalah pencemaran lingkungan oleh sisa-sisa penggunaan pestisida pada tanaman.

Pestisida dibutuhkan untuk menjaga hasil pertanian dari hewan yang merugikan atau hama. Namun pemakaian pestisida juga menimbulkan masalah baru, terutama untuk lingkungan. Pupuk dan kotoran hewan yang digunakan untuk kegiatan pertanian juga mengandung gas amonia.

Gas tersebut dapat bercampur dengan nitrogen oksida dan gas sulfat dari knalpot kendaraan yang membentuk partikel padat atau aerosol.

Aerosol dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan penyakit paru atau jantung. Polusi karena partikel halus tersebut menyebabkan jutaan kematian setiap tahun di seluruh dunia.

– Aktivitas pertambangan

Kegiatan pertambangan memang menghasilkan tambang yang biasanya bernilai mahal. Namun banyak tempat atau lokasi pertambangan yang ditinggal dengan kondisi yang memprihatinkan. Kegiatan pertambangan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dalam berbagai bentuk.

Salah satu yang sering ditemukan adalah perubahan bentang alam. Pertambangan yang menggunakan teknik open pit seperti membuat bukit menjadi dataran biasa atau bahkan kubangan yang besar dan aliran sungai yang terputus hingga menjadi kering.

Kebanyakan perusahaan tambah juga menguasai sumber daya air dan akhirnya masyarakat sekitar menjadi kekurangan sumber air. Kawasan di sekitar tambang juga berpengaruh pada kurangnya sumber air karena banyaknya debu.

Kerusakan ekosistem hutan hingga hilangnya satwa endemik juga bisa menjadi ancaman dari aktivitas pertambangan. Industri mineral menyebabkan polusi limbah beracun terutama di lokasi pembuangan limbah tailing.

Sedangkan pertambangan seperti batu bara menyebabkan pencemaran lingkungan, muara sungai, hingga pencemaran laut.

Itulah beberapa penyebab pencemaran lingkungan yang perlu segera ditanggulangi dengan serius. Masyarakat hingga para pelaku industri dan pertambangan dapat memulai gerakan nyata dengan mengurangi limbah yang mencemari lingkungan.

Pencemaran Lingkungan

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *