counters Manfaat Belajar Bahasa Isyarat yang Harus Kamu Ketahui - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Manfaat Belajar Bahasa Isyarat

3 min read

manfaat belajar bahasa isyarat

Belajar Bahasa Isyarat –  Selama ini bahasa isyarat biasa digunakan sebagai sarana komunikasi bagi penderita tuna runggu. Namun sekarang ternyata bahasa satu ini memiliki manfaat lain yang jarang sekali untu diketahui orang.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan oleh NewAtlas.com sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari University of Sheffield, Inggris.

Disana mengungkapkan bahwa bahasa isyarat juga sangat berguna untuk meningkatkan sensitivitas terhadap lingkungan.

Dengan hasil penelitian inilah maka dapat membuktikan bahwa dengan mempelajari bahasa isyarat memang dapat meningkatkan sensitivitas terhadap lingkungan sekitar. Hak ini tentunya sangat bermanfaat ketika melakukan olahraga dan ketika berkendara.

Menurut Jan Christian Hafer, Ed.D., dari Gallaudet University, Washington, D.C., maka kebanyakan anak-anak usia 3-4 tahun memang sangat tertarik belajar bahasa isyarat.

Hal ini karena mirip dengan kecenderungan mereka untuk berkomunikasi menggunakan gerakan ataupun anggota tubuh. Awalnya mungkin masih banyak yang belum menyadari betul apa kegunaan belajar bahasa isyarat.

Namun ternyata setelah digali lebih dalam, maka mempelajari bahasa isyarat bagi balita punya banyak sekali manfaat positif.

Di sini fokusnya memang ASL, sebab jujur saja, untuk akses belajar ASL lebih mudah dan lebih menarik bagi anak-anak ketimbang BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) atau SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia).

Dr. Marilyn Daniels, seorang profesor speech communication di Pennsylvania State University. Dia juga seorang penulis buku Dancing with Words Signing for Hearing Children’s Literacy.

Dia mendedikasikan lebih dari 10 tahun untuk lebih meneliti dan membuktikan manfaat mempelajari bahasa isyarat bagi anak-anak usia bayi dan balita yang tidak memiliki keterbatasan pendengaran. Inilah hasil temuannya yaitu:

1. Perbendaharaan Kata yang Lebih Kaya

manfaat bahasa isyarat
nu.or.id

Salah satu fakta utama yang telah didapatkan oleh Dr. Daniels. Anak-anak yang terpapar atau belajar bahasa isyarat memiliki vocabulary atau perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang lebih kaya daripada anak-anak yang tidak pernah terpapar.

2. Membuat Otak Lebih Berkembang

Mempelajari bahasa isyarat juga dapat menstimulasi perkembangan otak. Hal ini karena manusia menggunakan otak kiri dan otak kanannya saat belajar bahasa isyarat. Sementara itu saat belajar bahasa yang hanya diucapkan (spoken language), maka hanya otak kiri yang bekerja.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Dr. Susan Goodwyn dan juga Dr. Linda Acredolo, dokter dan psikolog masing-masing dari California State University dan University of California.

Mereka juga menemukan bahwa bayi yang telah terekspos oleh bahasa isyarat, maka ketika mereka berusia 8 tahun IQ-nya lebih tinggi sekitar 12 poin dibandingkan dengan anak-anak 8 tahun yang tidak pernah terekspos.

3. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Mempelajari atau belajar bahasa isyarat berarti menggunakan bagian visual-spasial dari otak. Ini yang merupakan bagian yang sama yang telah digunakan untuk belajar membaca.

Dengan kata lain, sign language merupakan sebuah latihan awal yang bagus untuk mempermudah anak ketika belajar membaca.

4. Membuat Anak Lebih Percaya Diri

Menurut Dr. Daniels secara umum, pada anak-anak yang mempelajari sign language pasti akan memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Dan kemudian mereka jadi lebih percaya diri jika dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mempelajarinya atau bahkan tidak mengetahuinya.

5. Meningkatkan Literacy dan Ketertarikan Terhadap Buku

suka baca
tstatic.net

Dalam penelitiannya, maka Dr. Daniels juga memperhatikan bahwa semua anak-anak yang dikenalkan pada bahasa isyarat sejak dini hingga kelas enam. Maka akan memiliki ketertarikan lebih tinggi terhadap buku dan juga memiliki kecakapan menulis dan membaca yang lebih baik.

6. Daya Ingat Lebih Baik

Mempelajari sign language atau belajar bahasa isyarat akan membuat seorang anak non-difabel mengasah aspek visual, verbal, dan kinetik secara bersamaan.

Jika anak tersebut sering terpapar oleh hal ini, maka dalam jangka panjang ia akan memiliki sebuah daya ingat dan kemampuan menyimpan memori yang lebih baik.

Diantara banyaknya keuntungan yang didapatkan dari mempelajari bahasa isyarat. Maka berikut ada beberapa manfaat lainnya lagi yang bisa Anda dapatkan saat menguasai bahasa isyarat.

7. Membantu Orang Lain

Saat Anda bisa menguasai bahasa isyarat, maka Anda pun bisa membantu para penyandang tunarungu. Contoh kecilnya, ketika Anda bertemu dengan penyandang tunarungu yang telah mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain yang tak mengerti bahasa isyarat.

Maka, di sini Anda bisa membantu mereka untuk menyampaikan pesan dengan kemampuan bahasa isyarat yang telah Anda miliki.

Tak cuma itu saja, maka dengan menguasai dan belajar bahasa isyarat, Anda juga bisa menjadi seorang relawan dan bisa bergabung dengan komunikasi pegiat bahasa isyarat.

Aktivitas ini tentunya amat bermanfaat untuk membantu para penyandang tunarungu dan tunawicara yang sedang mengalami kesusahan, terutama pada saat terjadi bencana.

8. Meningkatkan Kemampuan Balita dalam Berkomunikasi dan Membaca

lancar komunikasi
sahabatnestle.co.id

Bahasa isyarat itu merupakan sebuah bahasa asing yang bisa Anda ajarkan ke anak-anak. Terutama sebelum usia anak mencapai tiga tahun. Bahasa isyarat ini juga bisa memberikan beberapa manfaat pada anak Anda.

Para ilmuwan juga sangat percaya kalau otak usia dini lebih memiliki ruang yang lebih luas. Sehingga sangat mudah untuk menyerap apapun, termasuk juga untuk mempelajari bahasa.

Ketika anak Anda belajar bahasa isyarat, maka ini disinyalir bisa untuk meningkatkan kemampuan membaca anak saat mereka mulai belajar di taman kanak-kanak nanti. Dengan kata lain, ketika mempelajari bahasa baru, seperti halnya bahasa isyarat, bisa sangat bermanfaat untuk kemampuan otak.

Sebenarnya manfaat dari belajar bahasa isyarat itu sangat luas. Bahkan, jika Anda mulai menekuninya dengan seksama dan juga fasih bahasa ini, maka Anda bisa menjadi penerjemah berita di televisi bagi para pemirsa penyandang tunarungu.

9. Menambah Teman dan Pengalaman Baru

Menurut seorang ahli dari National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. Maka 17 dari 1.000 orang yang ada di dunia ini bisa mengalami gangguan pendengar di masa mendatang. Risikonya akan makin meningkat apabila orang-orang tersebut telah berusia lebih dari 65 tahun.

Yang perlu Anda ketahui, bahwa setiap negara ini memiliki bahasa isyarat yang berbeda-beda. Misalnya, untuk di Indonesia yang dinamakan Bisindo atau Bahasa Isyarat Indonesia.

Untuk di Amerika Serikat bernama ASL atau American Sign Language dan di Inggris lebih dikenal dengan BSL atau British Sign Language.

Banyak penggunaan bahasa isyarat ini maka sangat dipercaya mampu memperoleh banyak teman. Bahkan teman dari seluruh penjuru dunia. Dengan banyaknya teman dari berbagai tempat maka otomatis juga akan menambah dan memperkaya akan pengalaman Anda tentang berbagai hal.

Ingatlah, belajar bahasa isyarat itu bisa menambah pengalaman baru yang cukup sangat menyenangkan tak ada ubahnya dengan mempelajari hal-hal lainnya. Tak hanya itu, maka dengan menguasai bahasa ini Anda juga bisa memperluas pertemanan Anda.

Contoh kecilnya, Anda bisa saling bertukar pesan atau cerita dengan orang-orang yang mengidap tunawicara ataupun tunarungu.

Belajar Bahasa Isyarat

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *