counters Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris

3 min read

kosa kata bahasa inggris

Kosakata Bahasa Inggris – Selain meningkatkan sebuah keterampilan Listening, Reading, Speaking dan juga Writing. Maka cari tahu juga cara menambah kosakata Bahasa Inggris alias Vocabulary.

Mengapa hal ini penting? Kosakata merupakan kunci untuk membuka pintu keterampilan-keterampilan Bahasa Inggris lainnya.

Ketika meningkatkan skill reading atau membaca, kadang Anda menemukan banyak kata sulit. Akibatnya cukup susah memahami isi teks ataupun bacaan.

Begitu halnya saat mendengarkan, berbicara serta menulis dalam Bahasa Inggris, maka Anda perlu perbendaharaan Vocabulary yang mumpuni.

Berikut ini ada beberapa cara meningkatkan atau menambah kosakata bahasa inggris dengan mudah dan cepat.

Catatlah Makna dari Setiap Kata Baru yang Ingin Dipelajari

mencatat makna
ssl.com

Tips pertama menambah kosakata Bahasa Inggris yaitu membuat daftar kata. Lihat benda-benda di sekitar Anda lalu sebutkan dalam Bahasa Inggris.

Boleh juga hal yang abstrak. Buatlah daftar benda atau hal abstrak yang tidak Anda tahu Bahasa Inggrisnya. Jangan terlalu banyak, cukup 5 kata saja perhari.

Tulislah daftar kata tersebut dalam sebuah buku khusus. Buka kamus lalu kemudian cari tahu Bahasa Inggrisnya. Kemudian tulislah kalimat tersebut menggunakan daftar kata tersebut.

Buat juga contoh kalimat sebanyak mungkin, agar Anda ingat ejaan atau spelling-nya. Kuncinya hanya satu yaitu harus konsistensi.

Ikuti tips menambah kosakata Bahasa Inggris ini secara perlahan-lahan namun pasti dan setiap hari. Cara ini akan membuat Vocabulary baru tersimpan sebagai long-term memory. Mulailah dengan jumlah sedikit dulu.

Gunakan Sarana dan Prasarana di Sekeliling Anda

Tidak usah jauh-jauh mencari tips menambah kosakata Bahasa Inggris. Maka perhatikan sekeliling Anda. Carilah sarana yang cocok untuk Anda.

Entah itu dengan menonton film atau serial TV, mendengarkan lagu ataupun podcast, serta membaca buku ataupun majalah yang berbahasa Inggris.

Pahami semua percakapan dalam film tersebut. Jika ada kata sulit atau difficult words, maka segeralah tulis dalam Buku khusus Kosakata.

Tulislah semua Vocabulary, frase atau kalimat sulit yang Anda temukan setelah berkali-kali menonton. Apabila filmnya sudah selesai, maka pelajari difficult words lalu kemudian cari artinya di kamus Bahasa Inggris online.

  Manfaat Belajar Bahasa Isyarat

Menonton film selain menambah kosakata Bahasa Inggris Anda. Maka cara ini dapat melatih skill reading dan listening Anda.

Bacalah kembali Buku Khusus Kosakata dan Gunakan Kosakata Baru dalam Percakapan Sehari-hari

Setelah Anda memiliki daftar beberapa kosakata Bahasa Inggris, maka Anda perlu rehat sejenak. Rehat disini bukan berarti bermalas-malasan.

Gunakanlah beberapa hari untuk menuliskan kata-kata sulit. Kemudian manfaatkan satu atau dua hari untuk membaca kembali Buku Khusus Kosakata.

Setelah membaca-baca Buku Khusus Kosakata, maka kini waktunya untuk berlatih menggunakan semua kata tersebut.

Gunakanlah kosakata baru dalam percakapan sehari-hari. Anda bisa menyelipkan kata baru ketika berbicara Bahasa Inggris dengan teman, kakak, adik, pacar, ataupun dengan yang lainnya.

Kegiatan seperti ini membawa Anda pada tingkat pemahaman yang lebih tinggi. Plus membuat Anda semakin ingat Vocabulary dalam Buku Khusus Kosakata.

Bisa Anda bayangkan bagaimana jadinya jika Anda menumpuk-numpuk informasi baru di kepala? Kosakata lama yang belum dipahami betul akan dengan mudah tergantikan dengan kosakata baru.

Oleh karena itulah supaya sering-seringlah membaca kembali Buku Khusus Kosakata. Jangan lupakan untuk selalu dipraktikkan. Gunakan kosakata Bahasa Inggris Anda saat berbicara dengan diri sendiri ataupun dengan orang lain.

Agar lebih teratur, maka buatlah jadwal menambah kosakata Bahasa Inggris. Tentukan juga kapan saatnya Anda menulis kosakata baru dan kapan waktunya untuk menggunakan dalam percakapan.

Praktik Menulis, Beranikan Diri untuk Berkontribusi dalam Sebuah Blog

Membaca sebuah artikel Bahasa Inggris di website ataupun blog merupakan cara menyenangkan untuk menambah kosakata. Hanya saja, Anda akan menjadi pelajar pasif karena hanya membaca atau mendengarkan saja.

Sedangkan seorang pelajar aktif biasanya akan melakukan kegiatan menulis dan berbicara. Bagaimana caranya bisa beralih dari pelajar pasif menjadi aktif?

Salah satunya yaitu memberanikan diri untuk berkontribusi di dalam sebuah blog. Menulis artikel di sebuah blog ataupun website jauh akan lebih menyenangkan. Mengapa demikian? Karena Anda akan dipaksa menjadi seorang pelajar aktif yang fokus pada hasil karya.

Anda dapat menggunakan semua Vocabulary yang telah Anda pelajari ke dalam sebuah tulisan sesuai dengan topik yang menarik bagi Anda.

Fokus pada Topik yang Menarik Bagi Anda

fokus topik
googleusercontent.com

Tentukan topik sesuai dengan minat Anda. Untuk menambah kosakata Bahasa Inggris maka sebaiknya Anda fokus pada satu atau dua topik dulu. Kemudian carilah literatur Bahasa Inggris yang sesuai dengan topik tersebut.

  Kata Kerja dalam Bahasa Inggris

Hal tersebut bisa berupa buku, film, majalah, artikel-artikel di internet, video, podcast dan audio yang lainnya. Kini saatnya Anda membaca dan mendengarkan (Reading & Listening).

Kegiatan seperti ini pasti akan menyenangkan karena berhubungan dengan topik favorit Anda.

Let say Anda tertarik dengan topik pengembangan diri, maka dalam Bahasa Inggris disebut Self Development. Oleh karena itu bacalah buku atau majalah tentang karakter dan motivasi diri.

Tontonlah juga film dan video atau mendengarkan audio tentang pengembangan karir serta semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Anda juga bisa membaca artikel di internet ataupun menonton video Simon Sinek di youtube.

Selain sebagai tips untuk menambah kosakata Bahasa Inggris, maka kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan lainnya. Hal yang Anda perlukan adalah kedisiplinan.

Supaya lebih menyenangkan, Anda bisa memberikan hadiah atau reward pada diri sendiri apabila telah mencapai target. Sebaliknya, memberi sebuah konsekuensi, tapi tidak terlalu sadis. Apabila target tidak tercapai pada tenggat waktu yang telah Anda tentukan.

Mengikuti Kuis, Beranikah Anda Melakukannya?

Untuk memudahkan saat mengikuti kuis, Anda bisa mempelajari semua materi yang disajikan dalam website terlebih dahulu. Setelah itu baru Anda mengikuti kuis tersebut.

Tapi ingatlah hal tersebut tidak mutlak. Tantanglah diri Anda untuk langsung mengikuti kuis Bahasa Inggris tanpa harus mempelajari materi sebelumnya.

Jangan lupa juga mencatat kosakata Bahasa Inggris yang baru Anda temukan nanti dalam Buku Khusus Kosakata.Satu lagi tak kalah penting yaitu Time Management. Buatlah jadwal kapan cara Anda menambah kosakata ini akan diterapkan.

Set up alarm berapa lama Anda akan mengikuti kuis dalam sehari. Jangan sampai keasyikan dan harus melupakan pekerjaan lainnya.

Kebanyakan mengikuti kuis juga tidak efektif, parahnya bisa menimbulkan kebosanan. Anda tidam mau kan aktivitas menyenangkan malah jadi sangat membosankan?

Dari semua cara tersebut dalam menambah kosakata Bahasa Inggris, yang mana sudah pernah Anda lakukan? Kosakata atau Vocabulary merupakan materi yang dapat menunjang peningkatan keterampilan lainnya seperti halnya Speaking, Listening, Reading dan Writing.

Analoginya, kosakata merupakan batu bata yang menjadi fondasi dari sebuah bangunan utuh yaitu Bahasa Inggris. Semakin kuat fondasinya, maka semakin kokoh juga bangunan tersebut.

Kosakata Bahasa Inggris

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *