counters Mengenali 10 Diantara Berbagai Jenis-Jenis Lovebird yang Ada
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Jenis-Jenis Lovebird

2 min read

jenis jenis lovebird

Jenis-Jenis Lovebird – Para penyuka burung pasti sudah tidak asing dengan burung bernama Lovebird. Burung cantik dengan kicauan yang merdu ini punya peminat yang cukup banyak di tanah air.

Salah satu ciri khas dari burung Lovebird ini adalah coraknya yang menarik dengan warna-warna memikat. Penampilannya yang cantik ini menjadi daya tarik burung Lovebird yang membuat banyak orang ingin memeliharanya.

Siapa sangka kalau jenis-jenis burung Lovebird ini sangatlah beragam. Tiap-tiap jenis lovebird ini punya ciri khusus baik dari bulu maupun dari kicauannya.

Jenis-Jenis Lovebird dan Deskripsinya

jenis lovebird dan penjelasannya
thrfun.com

Pada dasarnya jenis asli dari Lovebird tidaklah banyak, namun berkat perkawinan silang yang dilakukan oleh para pembiak burung hias ini didapatkan makin banyak varian warna Lovebird. Tampilan warna dan corak Lovebird ini juga sangat menentukan harga jualnya.

Semakin unik dan jarang ditemukan maka harganya akan semakin tinggi dan semakin dicari oleh parap penggemar burung. Supaya makin mengenal burung cantik dan merdu ini berikut beberapa jenis Lovebird yang ada di tanah air:

1. Burung Lovebird Batman

Anda pasti tahu karakter batman atau manusia kelelawar yang populer itu. Ada satu burung Lovebird yang warna dan corak tubuhnya menyerupai karakter yang satu ini.

Burung Lovebird Batman mempunyai warna dominan hitam dengan warna aba-abu dan putih di sekeliling lehernya. Bagian atas kepala burung ini berwarna hitam dengan paruh merah muda.

2. Burung Lovebird Albino

Albino adalah sebutan untuk sesuatu yang tidak memiliki pigmen warna alias berwarna putih. Ternyata burung Lovebird pun ada yang albino. Di samping kondisi yang sebenarnya menyimpang dari kondisi normal, burung albino ini punya keunikan tersendiri.

  Cara Merawat Cucak Ijo

Warna bulunya yang putih bersih dengan mata berwarna merah ini menjadi daya tarik yang unik dan beda dari yang lainnya. Burung Lovebird albino ini tergolong cukup langka sehingga harganya pun lebih tinggi daripada burung Lovebird jenis lainnya.

3. Burung Lovebird Violet

Burung ini punya bulu berwarna biru yang dominan. Warna biru ini bisa terlihat di bagian sayap hingga ekor. Bagian dada dari burung ini berwarna putih sedangkan kepalanya hitam keabu-abuan.

Ada pula Lovebird dengan warna serupa namun dengan nuansa yang lebih muda dan disebut sebagai Lovebird Pastel Violet.

4. Burung Lovebird Halfsider

Jenis burung yang ini bisa dibilang agak sulit didapatkan di tanah air. Burung jenis ini bisa didapatkan dari hasil persilangan antara burung yang mempunya warna berbeda.

Burung Lovebird Halfsider ini terlihat sangat unik dengan warna yang berbeda antara sisi tubuh bagian kanan dan bagian kirinya. Kombinasi warna yang didapatkan akan sangat bergantung pada warna indukan yang disilangkan untuk mendapatkan burung jenis ini.

5. Burung Lovebird Merah

Seperti namanya, burung Lovebird ini memiliki warna bulu merah di seluruh bagian tubuhnya. Selain warna merah jensi burung ini juga ada yang berwarna oranye tua.

Tampilan burung ini terlihat sangat cantik dengan warna merah yang menyala. Jenis ini termasuk langka dan tidak mudah ditemukan di Indonesia.

6. Burung Lovebird Cobalt

Selanjutnya ada burung lovebird yang tak kalah cantik dan uniknya. Burung lovebird jenis ini punya warna dominan biru. Uniknya warna biru yang muncul pada bulu burung ini adalah warna biru telur asin dengan intensitas yang bervariasi mulai dari yang tua hingga yang muda.

Selain biru telur asin ada pula burung lovebird Cobalt dengan warna biru violet. Pada burung jenis ini warna biru terdapat pada sayap dan ekor sedangkan bagian kepala berwarna putih.

  Cara Merawat Cucak Ijo

7. Burung Lovebird Dakocan

Lovebird unik ini disebut Dakocan karena corak warnanya yang berwarna hitam di bagian kepala. Bagian wajah dari burung ini berwarna hitam dengan kelopak warna berwarna putih sehingga terlihat seakan-akan menggunakan topeng.

Burung ini memiliki bulu badan berwarna hijau di bagian sayap dan ekor, sementara bagian leher dan dadanya berwarna kuning terang.

8. Burung Lovebird Olive

lovebird olive
hewanpeliharaan.org

Burung Lovebird yang satu ni punya warna hijau. Tapi warna hijau pada bulu burung jenis ini berbeda dengan warna hijau lainnya. Lovebird Olive ini memiliki warna hijau gelap dengan kombinasi warna kuning pada bagian leher.

Sedangkan bagian wajah burung berwarna orange serta ada beberapa jenis yang memiliki warna hitam di bagian wajahnya.

9. Burung Lovebird Lutino

Burung yang satu ini punya warna yang cerah dan menarik. Burung Lovebird Lutino berwarna kuning cerah dengan kombinasi warna merah dan orange. Warna merah terlihat pada paruhnya yang menimbulkan kesan kontras yang cantik.

Sementara bagian kepala dan leher dari burung ini berwarna orange. Burung ini masih bisa dibedakan menjadi beberapa jenis dengan kombinasi warna yang berbeda.

10. Burung Lovebird Partial Blue

Arti dari nama burung ini adalah memiliki warna biru sebagian. Memang pada kenyataannya burung lovebird yang satu ini memiliki kombinasi sedikit warna biru yang ada di tubuhnya.

Burung ini pun mempunyai kombinasi warna lain seperti hijau, kuning dan orange. Perpaduan beberapa warna pada burung ini menghasilkan tampilan yang unik dan cantik.

Itu dia 10 diantara jenis-jenis Lovebird yang ada di Indonesia. Burung ini memang sangat cantik dan cocok dipelihara di rumah. Warna yang cerah dan menarik serta kicauan yang merdu bisa memberikan kesan berbeda di rumah Anda.

Jangan lupa untuk selalu memberikan perawatan yang benar supaya burung ini bisa hidup dan berkembang dengan baik.

Jenis-Jenis Lovebird

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Merawat Cucak Ijo

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *