counters Pengertian, Ciri dan Manfaat Hutan Hujan Tropis - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Hutan Hujan Tropis

2 min read

hutan hujan tropis

Hutan Hujan Tropis – Sesuai dengan namanya, hutan hujan tropis merupakan sebuah hutan yang letaknya berada di wilayah tropis. Wilayah tropis merupakan sebuah wilayah yang letaknya ada pada lintang 23,5 derajat LU-23,5 derajat LS.

Hutan ini juga merupakan salah satu bioma hutan yang selalu basah sepanjang tahun yang berarti bahwa hutan ini selalu diguyur hujan terus menerus. Untuk curah hujan yang turun di tempat ini cenderung tinggi dengan curah hujan yang bisa mencapai 2000mm per tahunnya.

Pengertian Hutan Hujan Tropis

pengertian hutan tropis
pixabay.com

Adapun pengertian lain tentang hutan hujan tropisyaitu bioma yang berupa hutan yang selalu basah atau bahkan lembap yang bisa ditemui di sekitar wilayah khatulistiwa yaitu kurang lebih pada lintang 0 sampai 10 derajat ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.

Hutan ini bisa ditemui hampir di sepanjang garis khatulistiwa seperti Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, dan beberapa wilayah lainnya. Selain itu, hutan hujan tropisjuga memiliki beberapa keanekaragaman tumbuhan yang cukup tinggi serta iklim yang lembap.

Hutan hujan ini juga merupakan rumah bagi sebagian flora dan juga fauna yang ada di seluruh dunia. Selain memiliki keanekaragaman tumbuhan yang tinggi, hutan hujan ini juga memiliki fauna yang beraneka macam.

Beberapa binatang yang mendiami hutan hujan ini seperti mamalia, reptil, burung amfibi, dan juga serangga. Bahkan hutan hujan ini juga disebut sebagai paru-paru dunia karena menghasilkan 40% oksigen yang ada di seluruh bumi.

Hutan hujan juga merupakan salah satu penyimpan cadangan karbon dunia. Karena satu pohon besar bisa menghasilkan oksigen bagi seseorang selama 1 tahun.

  Apa Itu Curah Hujan

Tumbuhan-Tumbuhan di Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis memiliki vegetasi tumbuhan dengan daun yang lebar dan juga pohon yang tinggi serta rapat. Sehingga, mampu menciptakan atap hutan atau yang seringkali dikenal dengan sebutan kanopi.

Saking rapat dan juga lebar dari beberapa pohon yang ada di hutan ini, bahkan matahari pun tidak bisa menembus hingga lantai hutan. Jadi, hutan hujan tropisini sedikit gelap dan lembap.

Di bagian lantai hutan, tumbuh sejumlah pepohonan yang lebih kecil dan juga bagian paling bawah ditumbuhi dengan beberapa tanaman yang lebih kecil lainnya. Beberapa contohnya adalah semak, perdu, dan sejumlah tumbuhan lain.

Hutan hujan mampu ditumbuhi dengan berbagai macam tumbuhan dengan jenis epifit, atau jenis tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan yang lain.

Hutan hujan tropis dapat ditumbuhi sejumlah tumbuhan karena sepanjang tahun hutan ini menerima sinar matahari yang cukup, menggunakan air yang cukup, dan juga curah hujan yang cukup.

Beberapa pohon utama di hutan ini memiliki ketinggian mulai dari 20 sampai dengan 40 meter, berdaun lebar, lebat, dan selalu hijau.

Untuk hutan hujan tropis pada umumnya ditinggali oleh sejumlah binatang yang hidup di pohon seperti burung dan juga sejumlah spesies primata di dalamnya.

Bahkan ada beberapa primata yang hidup di Afrika seperti monyet, gorila, dan juga simpanse, bahkan ada juga gibbon yang hidup di hutan hujan tropis.

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis

pohon besar
iowaee.org

Untuk sejumlah ciri-ciri maupun karakteristik dari hutan hujan tropisdiantaranya adalah:

1. Memiliki Pohon yang Tinggi, Rapat dan Berdaun Lebat

Hutan hujan memiliki tanah yang subur karena adanya pengaruh dari penyinaran matahari serta curah hujan yang tinggi.

Jadi, mampu memungkinkan tumbuh-tumbuhan maupun pepohonan dapat tumbuh dengan maksimal dengan tambahan daun yang lebat di dalam hutan ini.

2. Memiliki Intensitas Hujan yang Tinggi

Untuk hutan hujan ini seringkali disebut dengan hutan basah karena di sepanjang tahun, hutan ini selalu diguyur oleh hujan. Sedangkan curah hujan yang mengguyur hutan ini terbilang tinggi karena bisa mencapai 2000 mm per tahunnya.

  Mengenal Bioma Hutan Hujan Tropis

Hutan ini tidak pernah mengalami musim kering karena di dalam hutan ini mampu mendapatkan curah hujan yang cukup bahkan selama 1 tahun. Hal inilah yang membuat hutan ini disebut dengan hutan basah dan hutan hijau.

3. Memiliki Atap Hutan atau Kanopi

Hutan ini memiliki vegetasi pohon yang cukup rapat, cabang yang banyak dan juga memiliki daun yang lebat sehingga mampu membentuk salah satu atap pohon maupun kanopi yang bisa menyebabkan sinar matahari tidak menembus hingga ke dasar hutan.

Hutan ini juga memiliki cabang pohon yang cukup banyak.

4. Suhu Udara

Kondisi suhu udara yang ada di hutan ini cukup optimal bagi tumbuhan. Apalagi suhu udara yang ada di hutan ini berkisar antara 20 sampai dengan 34 derajat Celcius. Bukan hanya itu saja, hutan hujan memiliki cuaca yang dingin karena areanya yang lembap.

5. Memiliki Variasi Tumbuhan

Di dalam hutan ini memiliki beragam jenis tumbuhan. Akan tetapi, tidak ada tumbuhan yang dominan di dalam hutan ini sehingga siapa pun yang datang ke hutan ini tidak bisa menemukan tumbuhan yang sama dengan jumlah yang dominan atau banyak.

Manfaat Hutan Hujan Tropis

Beberapa fungsi serta manfaat hutan hujan tropis diantaranya sebagai berikut ini:

  • Hutan ini memiliki manfaat sebagai salah satu tempat tinggal hewan dan juga tumbuhan liar yang ada di dalamnya.
  • Hutan ini juga digunakan untuk menyuplai oksigen dalam jumlah yang besar yaitu sebanyak 80%.
  • Hutan ini juga mampu membantu dalam menstabilkan iklim yang ada di seluruh dunia.
    Hutan hujan tropis saat ini dirawat dengan sedemikian rupa bahkan sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang juga sudah dikunjungi oleh banyak orang.

Hutan Hujan Tropis

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *