counters Penyebab Hujan Asam dan Proses Terjadinya - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Hujan Asam

3 min read

penyebap hujan asam

Hujan asam ialah segala macam hujan yang memiliki kadar pH di bawah 5.6. Hujan sendiri secara alami akan memiliki sifat asam dengan kadar pH sedikit saja di bawah 6 mengingat adanya karbondioksida dalam udara yang larut dengan air hujan.

Jenis asam yang terkandung dalam hujan ini terbilang bermanfaat karena akan dapat membantu melarutkan mineral di dalam tanah yang ditubuhkan tumbuhan maupun binatang.

Penyebab hujan asam/proses terjadinya ialah oleh adanya belerang atau sulfur yang merupakan zat pengotor di dalam bahan bakar fosil dan nitrogen dalam udara yang bereaksi dengan oksigen. Terbentuklah sulfur dioksida serta nitrogen dioksida.

Zat-zat ini kemudian berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air guna mmebentuk asam nitrat dan asal sulfat yang mudah larut serta jatuh bersama hujan.

Penyebab Hujan Asam/Proses Terjadinya dan Langkah-langkah Pencegahan

penyebap terjadinya hujan asam
thegorbalsla.com

Air hujan yang mengandung asam akan dapat meningkatkan kadar keasaman tanah serta air permukaan. Hal ini tentu dapat membahayakan kehidupan tanaman serta ikan. Sudah banyak usaha yang dilakukan guna mengatasi penyebab hujan asam/proses terjadinya.

Sumber hujan asam secara alami sendiri bisa akibat dari semburan gunung berapi serta proses biologis yang terjadi di rawa, tanah serta laut.

Namun, mayoritas hujan asam disebabkan aktivitas manusia seperti kendaraan bermotor, industri, pembangkit tenaga listrik serta pabrik pengolahan pertanian terutama amonia.

Gas-gas ini akan terbawa angin sampai dengan ratusan kilometer di atmosfer dan berubah menjadi asam lalu terdeposit ke tanah.

Hujan asam yang dikarenakan proses industri sudah jadi masalah pelik di beberapa negara seperti Eropa Barat, Republik Rakyat China serta Rusia. Sementara hujan asam yang bersumber dari pembangkit tenaga listrik telah merusak hutan-hutan di Amerika Serikat bagian barat, termasuk New York serta New England.

Pembangkit tenaga listrik ini biasanya akan menggunakan batu bara untuk bahan bakarnya. Penyebab hujan asam/proses terjadinya telah mengalami peningkatan.

  Macam-macam Lapisan Atmosfer

Hal ini dibuktikan dari analisis es kutub. Kadar pH telah turun sejak Revolusi Industri dimulai dari yang awalnya 6 menjadi 4.5 atau bahkan 4.

Sejak Revolusi Industri dimulai, emisi sulfur dioksida serta nitrogen oksida yang berada di atmosfer semakin meningkat. Industri batu bara terutama yang menggunakan bahan bakar fosil ialah sumber utama dari peningkatan oksida belerang tersebut.

Pembacaan pH yang ada di area industri umumnya tercatat berada di angka 2.4. Semua sumber di atas, ditambah dengan adanya transportasi, ialah penyumbang utama dari penyebab hujan asam/proses terjadinya. Masalah terkait hujan asam tak sekedar sejalan dengan tingkat pertumbuhan populasi serta industri.

Namun, masalah ini telah menjadi semakin luas. Penggunaan cerobong asap misalnya, yang tinggi serta mengurangi polusi lokal, justru semakin berkontribusi pada penyebaran hujan asam mengingat emisi gas yang dikeluarkan akan masuk dalam sirkulasi udara regional dengan jangkauan lebih luas.

Selain itu, ada hubungan erat antara kadar pH yang rendah dengan kurangnya populasi ikan yang ada di danau-danau. Kadar pH di bawah 4.5 tidak akan memungkinkan ikan-ikan untuk hidup. Sementara kadar pH 6 atau lebih dari 6 akan sangat membantu pertumbuhan populasi ikan.

Asam yang ada di dalam air akan turut menghambat produksi enzim larva ikan trout agar dapat keluar dari telur. Asam juga akan mengikat logam beracun di danau seperti aluminium.

Aluminium terutama akan membuat ikan-ikan mengeluarkan lendir berlebih di sekitar insang sehingga mereka sulit bernapas. Pertumbuhan fitoplankton sebagai sumber makanan ikan juga akan terhambat apabila kadar pH terlalu tinggi.

Penyebab hujan asam/proses terjadinya akan turut mempengaruhi tanaman. Lapisan lilin yang ada pada daun dapat rusak sehingga nutrisinya menghilang. Ini akan membuat tanaman tidak tahan pada jamur, keadaan dingin maupun serangga.

Pertumbuhan akar akan melambat sehingga hanya sedikit saja nutrisi yang bisa diambi, sementara mineral-mineral penting justru menghilang. Ion-ion beracun yang dilepaskan saat terjadinya hujan asam juga bisa jadi ancaman besar untuk manusia.

  Pengertian Gunung Meletus
hujan asam
pixabay.com

Tembaga di dalam air akan berdampak pada wabah diare yan menyerang anak-anak. Sementara air yang tercemar aluminium akan dapat menyebabkan beragam penyakit, salah satunya Alzheimer.

Sejarah penyebab hujan asam/proses terjadinya ini sendiri dilaporkan di Inggris untuk pertama kali, tepatnya di Manchester pada 1852. Hubungan antara polusi udara serta hujan asam ditemukan oleh Robert Angus Smith.

Sementara istilah hujan asam sendiri telah digunakan sejak 1872. Walau hujan asam sudah ditemukan sejak 1852, namun baru pada 1970an ilmuwan mengadakan ragam penelitian guna mengamati fenomena ini secara lebih jauh.

Kesadaran masyarakat terkait hujan asam terutama di Amerika Serikat juga mulai meningkat pada 1990an pasca dimuatnya laporan dari Hubbard Brook Experimental Forest di koran New York Times terkait kerusakan lingkungan akibat hujan asam.

Sebagai langkah pencegahan penyebab hujan asam/proses terjadinya, banyak pembangkit tenaga listrik di Amerika Serikat yang menggunakan flue gas desulfurization atau FGD guna menghilangkan gas yang memiliki kandungan belerang mulai dari cerobong mereka.

Sebagai contoh dari FGD ini ialah wet scrubber yang biasa digunakan di Amerika Serikat serta negara-negara lain. Wet scrubber adalah tower yang memiliki kipas dan mengambil gas asap dari cerobong menuju tower itu.

Kapur maupun batu kapur berbentuk bubur akan diinjeksikan dalam tower sehingga tercampur bersama gas cerobong serta membentuk reaksi dengan kandungan sulfur dioksida.

Di beberapa area lain, sulfat akan dijual ke pabrik kimia menjadi gipsum jika kadar kalsium sulfatnya cukup tinggi. Sementara di tempat lain, sulfat akan ditempatkan khusus di land-fill.

Sebagai tambahan wawasan, baca juga pengertian dari curah hujan yang dibahas secara lengkap.

Hujan Asam

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Macam-macam Lapisan Atmosfer

yong bi
3 min read

Pengertian Gunung Meletus

yong bi
3 min read

Proses Terjadinya Petir

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *