counters Pentingnya Menjaga Ekosistem Hutan Hujan Tropis - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Ekosistem Hutan Hujan Tropis

3 min read

ekosistem hutan hujan tropis

Ekosistem Hutan Hujan Tropis – Di bangku sekolah pasti Anda sudah pernah mendengar istilah ekosistem. Ekosistem ini bermakna sabagai sebuah sistem ekologi yang terdiri atas sebuah hubungan timbal balik antara beragam makhluk hidup yang ada di dalamnya dengan siklus energi dan materi.

Biasanya hubungan timbal balik ini disebut juga sebagai rantai makanan. Makhluk hidup memiliki hierarkinya masing-masing dalam sebuah ekosistem yang pada akhirnya menciptakan suatu keseimbangan.

Ekosistem sendiri bisa dibedakan menjadi ekossitem biotik atau ekosistem hidup dan ekosistem abiotik atau tidak hidup. Ekosistem hidup tentu saja terdiri atas organisme hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

Sementara itu ekosistem abiotik terdiri atas benda-benda mati seperti cahaya, udara, air dan energi. Ada banyak sekali jenis ekosistem salah satunya adalah ekosistem hutan hujan tropis yang bisa Anda temukan di Indonesia.

Hutan hujan tropis sendiri merupakan hutan yang berada di daerah tropis yang dekat dengan khatulistiwa. Hutan ini memiliki ciri-ciri yang cukup mudah dikenali seperti pepohonan yang tinggi dan lebat, kondisi hutan yang senantiasa lembab atau basah hingga keberadaan makhluk hidup yang sanfat beragam di dalamnya.

Oleh karena itu ekosistem hutan hujan tropis sendiri adalah sebuah sistem ekologi yang di dalamnya didominasi oleh organisme hidup berupa pepohonan tinggi dan di dalamnya terbentuk sebuah keanekaragaman yang besar.

Kenali Lebih Jauh Tentang Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Ekosistem hutan
rimbakita.com

Sebuah ekosistem hutan hujan tropis ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Hutan ini bisa ditemukan di dataran rendah hingga tinggi, bahkan hingga ketinggian 1200 mdpl.

Ekosistem hutan hujan tropis ini punya beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dari ekosistem lain yang ada di bumi. Beberapa ciri khas dari hutan hujan tropis ini diantaranya:

  Apa Itu Curah Hujan

1. Terdapat lapisan pohon

Lapisan pepohonan ini bisa tercipta karena adanya banyak sekali jenis vegetasi di dalamnya. Ada beragam jenis pohon dengan ketinggian yang bervariasi. Akibatnya terciptalah suatu lapisan-lapisan yang terbentuk karena persebaran vegetasi yang sangat rapat di dalamnya.

2. Curah hujan tinggi

Namanya saja sudah hutan hujan tropis maka memang di lokasi ini terjadi hujan yang berkepanjangan dengan curah hujan yang cukup tinggi. Curah hujan di hutan ini berada di kisaran 1800 hingga 2000 mm per tahunnya. Curah hujan yang tinggi ini mengakibatkan kondisi hutan hujan tropis selalu basah dan lembab.

3. Kondisi tanah sangat subur

Ini berkaitan dengan curah hujan tinggi yang membuat tanaman mampu tumbuh dengan sangat subur di dalamnya. Daun-daun yang berguguran akan jatuh ke permukaan tanah dan membusuk serta terdekomposisi.

Hasil dekomposisi guguran daun ini berubah menjadi zat organik yang sangat baik dalam menunjang tumbuhnya pepohonan. Itulah mengapa tanah di hutan hujan tropis sangatlah subur dan baik untuk pertumbuahn tanaman.

4. Keanekaragaman hayati yang sangatlah tinggi

Anda mungkin akan menemukan banyak tanaman-tanaman asing di hutan hujan tropis. Di ekosistem ini memang dapat dengan mudah ditemukan beragam jenis tumbuhan yang hidup liar di dalamnya.

Kondisi tanah yang subur dengan air yang tercukupi sepanjang tahun membuat berbagai jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di ekosistem ini.

Keanekaragaman Fauna dan Flora di Ekosistem Hutan Hujan Tropis

flora dan fauna
rimbakita.com

Sudah disinggung sebelumnya bahwa keanekaragaman di ekosistem ini sangatlah tinggi. Bisa ditemukan banyak sekali jenis flora maupun fauna yang hidup di dalam ekosistem ini.

Dari segi fauna sendiri ada banyak jenis mamalia, reptil, burung, serangga hingga amfibi yang tinggal di ekosistem hutan hujan tropis.

Ada satu ciri khas khusus yang dimiliki oleh satwa-satwa yang hidup di hutan hujan tropis yaitu mempunyai warna yang menarik yang cerah dengan pola tajam. Selain itu fauna-fauna tersebut juga memiliki suara yang lantang dan keras.

  Mengenal Bioma Hutan Hujan Tropis

Sebagian besar fauna di hutan hujan tropis ini menjadikan buah-buahan sebagai santapan utama untuk tetap hidup.

Semantara itu flora di hutan hutan tropis ini pun tak kalah menariknya. Ada ribuan spesies tanaman yang hidup liar di hutan ini. Tumbuhan yang mendiami hutan hujan tropis sangat beragam mulai dari pohon berkayu, semak belukar hingga tanaman yang hidup merambat.

Arti Penting Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Keberadaan hutan khususnya hutan hujan tropis kini kian berkurang karena adanya pembukaan hutan demi kepentingan manusia dan alasan-alasan lainnya.

Hutan hujan tropis ini sebaiknya terus menerus dilestarikan keberadaannya karena mempunya peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan kehidupan di bumi. Berikut ini beberapa alasan penting kenapa ekosistem ini sangat penting untuk dijaga kelestariannya:

– Rumah bagi ribuan jenis spesies hewan

Ada banyak sekali hewan liar yang hidup di hutan hujan tropis mulai dari hewah berukuran kecil seperti serangga hingga hewan-hewan berukuran besar bahkan buas. Penting sekali untuk menjaga hutan tetap lestari agar hewan-hewan tersebut bisa terus hidup dan berkembang biak di dalamnya.

Jika hutan dirusak maka ribuan satwa tadi akan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanannya. Rantai makanan akan kacau sehingga hewan-hewan terancam punah.

Tidak hanya ancaman punah yang mengintai, tapi hewan yang kehilangan sumber makanan bisa pergi meninggalkan hutan dan masuk ke daerah pemukiman untuk mencari makanan.

– Menghasilkan oksigen dalam jumlah besar

Hutan hujan tropis setiap harinya memproduksi oksigen dalam jumlah yang sangat besar melalui fotosintesis yang terjadi pada setiap pepohonan di dalamnya. Jumlah ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk kehidupan makhluk hidup di bumi.

Sudah sepantasnya setiap manusia dapat bertindak dengan bijak dalam berinteraksi dengan lingkungan hidup.

Jangan sampai aktivitas manusia diutamakan tanpa memikirkan kelestarian lingkungan. Lingkungan yang rusak dapat memberikan dampak besar pada kehidupan anak cucu mendatang.

Ekosistem Hutan Hujan Tropis

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *