counters Curah Hujan dan Hal-Hal Menarik Tentangnya - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Apa Itu Curah Hujan

2 min read

mengenal curah hujan

Curah Hujan – Masyarakat Indonesia pasti sudah sangat pahan dengan fenomena alam berupa hujan. Ya, musim hujan memang sudah menjadi salah satu dari 2 musim yang dimiliki Indonesia sebagai negara tropis.

Tapi sudah tahukah Anda sebenarnya apa pengertian dari curah hujan dan hal-hal lain yang terkait dengannya? Kali ini akan diulas lebih lengkap tentang apa itu curah hujan, bagaimana cara mengukurnya dan informasi lainnya yang pasti akan menambah wawasan.

Hujan yang turun ke bumi sering disebut sebagai curah hujan. Pengertian dari curah hujan ini sendiri adalah jumlah air yang jatuh dan mengenai permukaan tanah yang datar yang diukur pada periode tertentu.

Jumlah air ini diukur dengan satuan tinggi (milimeter) di atas permukaan datar dengan catatan jika tidak terjadi proses lain seperti infiltrasi, runoff dan evaporasi. Dengan kata lain, curah hujan ini merupakan berapa ketebalan air yang menutupi permukaan tanah datar pada luasan tertentu.

Jika ada penyataan curah hujan sebesar 1 mm itu artinya pada permukaan dengan luas satu meter persegi air tergenang hingga ketinggian 1 mm di atas permukaan datar tersebut.

Seluk-Beluk Tentang Curah Hujan

sifat curah hujan
yusufmansur.com

Pada pembahasan tentang curah hujan terdapat satu istilah lain yaitu sifat hujan. Sifat hujan ini adalah suatu nilai perbandingan antara curah hujan dalam suatu periode waktu tertentu dengan curah hujan normal.

Curah hujan normal merupakan rata-rata dari curah hujan eslama periode 30 tahun. Sifat hujan ini dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu:

1. Di atas normal

Sifat hujan di atas normal terjadi apabila nilai curah hujan yang diperoleh melebihi sebanyak 115% dari curah hujan rata-rata.

#Normal

Sifat hujan dikatakan normal ketika nilai curah hujan berada di kisaran 85 hingga 115% jika dibandingkan dengan curah hujan rata-rata.

  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

#Di bawah normal

Sifat hujan yang berada di bawah normal terjadi apabila nilai curah hujan berada di bawah 85% dari rata-rata curah hujan yang ada.

Curah hujan yang terjadi di setiap tempat bervariasi dan tidak bisa disamakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi curah hujan di suatu tempat, antara lain:

1. Letak geografis

Letak geografis suatu tempat khususnya terhadap garis lintang sangat berpengaruh terhadap curah hujan yang terjadi di tempat tersebut. Lokasi yang berada dekat dengan garis khatulistiwa akan mengalami curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan daerah yang jauh dari garis khatulistiwa.

Pengaruh letak garis lintang terhadap curah hujan ini berkaitan dengan suhu udara yang ada di daerah tersebut. Semakin dekat lokasinya dengan khatulistiwa akan semakin tinggi suhu udaranya sehingga penguapan yang terjadi juga tinggi. Akibatnya hujan pun turun lebih banyak.

2. Jaraknya dengan laut

Laut adalah sumber terjadinya penguapan yang paling besar. Penguapan yang terjadi di atas permukaan laut ini berperan besar terhadap curah hujan di wilayah sekitarnya.

Wilayah yang dekat dengan laut berpotensi mengalami curah hujan yang lebih tinggi karena tingginya penguapan yang terjadi kemudian terkondensasi.

3. Ketinggian tempat

Ketinggian suatu tempat ternyata juga berperan dalam terjadinya curah hujan.Biasanya curah hujan yang terjadi di tempat yang tinggi lebih rendah dibandingkan dengan curah hujan yang terjadi di dataran rendah.

4. Perbedaan suhu yang ada di lautan dan daratan

Suhu udara di lautan dan daratan tentu saje berbeda. Nah besarnya perbedaan suhu ini bisa berpengaruh terhadap besarnya curah hujan di suatu wilayah. Hujan akan lebih sering terjadi pada tempat yang suhunya lebih rendah dibandingkan yang lainnya.

Misalnya saja suhu udara di daratan lebih tinggi dibandingkan suhu udara di laut, dengan kondisi ini maka kemungkinan curah hujan akan terjadi lebih tinggi di laut. Begitu pula terjadi sebaliknya.

  Hutan Hujan Tropis
suhu lautan dan daratan
pinimg.com

5. Arah angin

Arah angin dapat mempengaruhi curah hujan karena arah angin ini yang nantinya mengarahkan kemana awan akan bergerak dan menjatuhkan uap-uap air yang dikandungnya. Curah hujan akan terjadi lebih tinggi pada daerah-daerah yang seringkali dilewati oleh angin.

Angin akan membawa awan-awan yang kemudian terkumpul di atas daerah tertentu dan kemudian terkondensasi menjadi hujan.

6. Seberapa luasnya sebuah daratan

Ukuran daratan juga mempengaruhi besar tidaknya curah hujan yang terjadi. Semakin luas suatu daratan maka akan semakin kecil curah hujan yang diterimanya. Hal ini terjadi karena pada daratan yang luas lokasi titik tengahnya pun akan semakin menjauhi laut.

Di Indonesia sendiri terdapat dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Terjadinya musim penghujan ini dipengaruhi salah satunya oleh angin muson yang berhembus. Angin muson ini juga berpengaruh terhadap jumlah curah hujan yang terjadi.

Dalam kondisi normal terjadi angin muson barat di bulan Januari dengan tekanan yang tinggi di atas dataran Asia dan tekanan rendah di Australia. Angin ini membawa banyak uap air sehingga terjadilah musim penghujan di bulan Oktober sampai dengan April.

Sementara itu angin muson timur mulai berhembus pada bulan Juli dengan tekanan udara tinggi di Australia dan rendah di Asia.

Angin yang berhembus ini tidak membawa banyak uang air sehingga berlangsunglah musim kemarau di Indonesia yang terjadi pada kisaran bulan April sampai dengan Oktober.

Sayangnya kondisi perubahan iklim saat ini juga turut mempengaruhi kondisi bumi sehingga datangnya musim penghujan dan kemarau ini kini seringkali tak sesuai dengan jadwal tersebut.

Oleh karena itu sudah tugas manusia untuk menjaga lingkungan agar tetap lestari dan nyaman ditinggali baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

Curah Hujan

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *