counters Ini Dia Cara Merawat Cucak Ijo yang Tepat - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Merawat Cucak Ijo

3 min read

perawatan cucak ijo

Cara Merawat Cucak Ijo – Diantara banyaknya jenis burung ada burung-burung yang digemari karena kicauannya yang merdu. Burung-burung dengan kicauan merdu ini pun banyak digemari dan dikonteskan untuk mendapatkan burung dengan kicauan terbaik.

Burung Cucak Ijo merupakan salah satu yang mempunyai kicauan terbaik. Burung ini memiliki tubuh dengan warna hijau yang dominan dengan warna paruh hitam. Warna hijau yang terlihat pada burung ini bervariasi mulai dari hijau muda hingga hijau daun.

Burung dengan warna hijau ini merupakan burung yang cukup populer diantara jenis-jenis burung kicauan.

Tidak hanya suaranya yang merdu, burung Cucak Ijo juga memiliki tampilan fisik yang menarik. Selain warna hijaunya yang cerah dan menarik burung ini pun memiliki tubuh yang terlihat gagah.

Burung ini mampu mengeluarkan suara-suara khas yang sering disebut sebagai ngerol, nyrecet, ngebren, nembak dan semacamnya. Burung ini memang punya beberapa variasi kicauan yang bisa dilatih.

Oleh karena itu banyak pecinta burung Cucak Ijo yang berusaha untuk melatih dan memoles kicauan burung ini agar semakin bervariasi dan menarik.

Semakin menarik dan unik bunyi kicauannya semakin besar kesempatan burung ini untuk memengangi kontes-kontes yang ada. Tapi melatih burung Cucak Ijo agar bisa berkicau sesuai dengan yang diharapkan bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan cara merawat Cucak Ijo yang tepat agar kondisinya prima dan bisa dilatih dengan baik.

Tips Cara Merawat Cucak Ijo Agar Kicauannya Merdu

tips merawat cucak ijo
satujam.com

Burung Cucak Ijo bisa menghasilkan suara kicauan baru dengan dilatih untuk menirukan kicauan dari burung jenis lainnya. Seorang pelatih burung ini perlu memiliki suara master dari burung lain yang akan digunakan untuk melatih Cucak Ijo menirukannya.

  Jenis-Jenis Lovebird

Tapi tidak hanya proses pelatihan ini yang mempengruhi hasil, cara merawatnya sehari-hari juga sangat memperngaruhi kondisi burung hingga hasil kicauan yang dikeluarkannya. Berikut ini beberapa tips merawt Cucak Ijo yang dapat Anda lakukan agar kicauannya semakin mantap:

1. Ketahui jenis kelamin dari burung Cucak Ijo

Mengetahui jenis kelamin burung merupakan hal yang penting ketika ingin menghasilkan kicauan yang merdu. Terkadang aspek ini seringkali diabaikan padahal justru penentuan jenis kelamin ini dapat sangat membantu dalam memberikan langkah perawatan selanjutnya.

Burung Cucak Ijo jantan pada umumnya memiliki kicauan yang lebih baik dibandingkan burung betina. Maka dari itu melatih burung jantan mungkin akan terasa lebih mudah dibandingkan dengan burung Cucak Ijo betina.

Selain itu penentuan jenis kelamin ini juga akan sangat mempermudah ketika Anda akan melakukan pemeliharaan massal dengan jumlah burung yang banyak.

2. Berikan kandang yang memadai

Burung Cucak Ijo sebaiknya diberikan kandang yang layak dan nyaman demi membuatnya bisa hidup dengan tenang dan tidak stress. Hal ini penting untuk dilakukan karena burung yang stress bisa jadi akan sulit untuk berkicau sehingga akan semakin sulit untuk dilatih.

Pemilihan bentuk kandang pada dasarnya bebas sesuai dengan keinginan masing-masing pemilik. Akan tetapi pilihlah kandang dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan ukuran tubuh burung itu sendiri.

Jangan berikan kandang yang terlalu sempit supaya pergerakannya tidak terbatas. Selain itu lengkapi pula kandang dengan beragam aksesoris seperti tempat untuk bertengger, tempat minum dan tempat makan.

3. Berikan waktu untuk beradaptasi

Ketika Anda pertama kali memindahkan burung ke kandang maka burung tersebut memerlukan waktu untuk bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya.

Jangan memaksa burung untuk bisa menyatu dan menerima lingkungan barunya dalam waktu singkat karena justru bisa membuat burung merasa stres.

4. Mandikan burung secara rutin pagi dan sore hari.

Demi menjaga keindahan bulu serta kesehatannya penting untuk memandikan burung secara rutin. Biasanya burung Cucak Ijo ini dimandikan 2 kali sehari di pagi dan sore.

  Jenis-Jenis Lovebird

Supaya burung tidak kaget sebaiknya biarkan burung di teras rumah sembari diangin-anginkan selama sekitar 30 menit sebelum memandikannya dengan air.

5. Memberi makan yang baik dan bergizi

makanan cucak ijo
ytimg.com

Hal lain yang kalah penting dilakukan adalah memberikan asupan makanan yang baik dan bersih bagi burung. Cucak Ijo sendiri biasanya diberi pakan burung yang bervariasi agar seluruh kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Berikan pakan burung yang sudah diperkaya dengan berbagai vitamin tambahan serta nutrisi lain contohnya karbohidrat dan protein.

Tak hanya itu kebutuhan mineral juga perlu disuplai dengan baik yang bisa dilakukan dengan memberikan voer. Memberikan pakan yang baik akan membuat burung lebih sehat sehingga bisa tampil lebih maksimal.

6. Menjaga kebersihan kandang secara rutin

Menjaga kebersihan kandang sangat penting dilakukan guna mencegah burung terserang penyakit. Pastikan sanitasi kandang terjaga dengan baik supaya tidak ada bakteri yang tumbuh di dalam kandang dan bisa menginfeksi burung Cucak Ijo Anda.

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan, kandang yang bersih juga bias menghindarkan burung dari stress yang dapat berakibat pada rontoknya bulu.

7. Tempatkan kandang di tempat yang aman dan bebas dari gangguan hewan lain

Anda perlu menempatkan kandang dengan benar supaya burung bebas dari gangguan-gangguan. Gangguan ini bisa berupa hewan peliharaan lainnya seperti kucing maupun aktivitas manusia yang bisa mengganggu ketenangan burung Cucak Ijo.

Selain ketujuh langkah perawatan tadi masih ada banyak hal penting yang perlu diperhatikan dalam cara merawat Cucak Ijo. Pada dasarnya merawat burung ini tidaklah sulit yang penting Anda harus bisa memperhatikan dengan baik kondisi fisiknya supaya tetap prima dan tidak stress.

Rutinlah membawa burung Cucak Ijo ke perlombaan agar burung bisa bertemu dengan berbagai burung lainnya dan bisa semakin berlatih menghasilkan kicauan yang lebih baik.

Cara Merawat Cucak Ijo

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Jenis-Jenis Lovebird

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *