counters Cara Menanam Wortel untuk Hasil Maksimal - Energyx.org
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Tahapan Cara Menanam Wortel

3 min read

cara menanam wortel

Cara Menanam Wortel – Siapa tak kenal wortel, sayuran yang satu ini memang sering sekali ditemui baik sebagai campuran makanan seperti sop maupun dalam bentuk jus segar yang menyehatkan. Wortel ini memang salah satu jenis sayuran yang sangat sehat dan kaya akan kandungan vitamin A.

Kandungan vitamin A pada wortel ini sangat baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya manfaatnya yang luar biasa, wortel juga punya warna yang menarik serta rasa yang manis. Tidak hanya enak dimakan ternyata wortel juga punya khasiat untuk kecantikan sehingga tak jarang umbi ini dihaluskan dan dipakai sebagai masker.

Step by Step Cara Menanam Wortel

cara menanam wortel
2.bp.blogspot.com

Wortel ini merupakan sayuran yang tumbuh di dalam tanah. Bagian hijau dari tanaman ini memang mencuat di atas permukaan tanah namun Anda harus mencabutnya untuk bisa memanem wortel itu sendiri. Tingkat konsumsi wortel di masyarakat Indonesia memang cukup tinggi dan banyak digunakan di berbagai jenis masakan.

Oleh karena itu banyak pula petani yang membudidayakan umbi wortel ini melihat permintaan yang ada di pasaran. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menanam wortel yang benar agar hasil yang didapatkan lebih banyak dan berkualitas. Berikut tahapan-tahapannya:

Persiapan bahan tanam

Sebelum memulai proses penanaman hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mempersiapkan bahan tanam yang akan digunakan.

Bibit wortel ini haruslah berkualitas baik supaya tanaman yang dihasilkan nantinya juga bisa menghasilkan wortel sesuai dengan harapan Anda. Anda bisa mempersiapkan sendiri bibit ini ataupun membeli bibit siap tanam ke toko-toko bibit pertanian. Jika ingin membuatnya sendiri maka Anda harus memilih indukan yang baik serta sehat.

Pilihlah indukan dengan umur lebih dari 100 hari dengan ukuran yang besar serta tidak bercabang. Wortel indukan tadi selanjutnya dipotong bagian ujungnya sekitar 1/3 cm dan potong daunnya. Taburi permukaan bagian atas wortel tadi dengan pupuk lalu diamkan satu minggu sebelum ditanam di bedengan.

Pembenihan

Pembenihan wortel
paktanidigital.com

Proses pembenihan merupakan sebuah tindakan mempersiapkan bibit wortel sebelum dipindah tanamkan dilapangan untuk ditumbuh kembangkan. Pembenihan ini dilakukan supaya dihasilkan tanaman-tanaman wortel bermutu dan bisa tmbuh maksimal sesuai dengan keinginan dan harapan petani.

  Cara Budidaya Pepaya California

Pembenihan ini dilakukan jika Anda ingin menanam wortel dari biji. Pertama-tama biji digosok dengan tangan agar terpisah satu sama lain.

Selanjutnya biji direndam dengan air dingin selama semalam hingga biji berkecambah. Setelah berkecambah Anda bisa pindahkan ke tempat yang lebih lapang dengan rapi supaya bibit dapat tumbuh dengan baik.

Persiapan lahan tanam

Sebelum ditanami lahan haruslah diolah terlebih dahulu supaya kondisinya siap dan mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Itulah sebabnya tahapan pengolahan lahan sangatlah penting. Biasanya wortel ditanam pada bedengan-bedengan tanah.

Sebelum dibuat bedengan Anda perlu mempertimbangkan dengan matang mengenai kesesuaian lahan yang akan digunakan tersebut. Pastikan kondisi tanah baik dengan kondisi cuaca yang pas untuk lingkungan hidup tanaman wortel.

Pengolahan lahan dilakukan dengan memberikan pupuk kandang ke seluruh lahan kemudian membajaknya hingga gembur. Selanjutnya buanglah hama-hama seerta gulma yang masih ada di lahan kosong tersebut. Sisa gulma dapat menjadi pengganggu yang mengambil nutrisi tanah dan menghambat pertumbuhan.

Selanjutnya sesuaikan pH tanah dengan syarat tumbuh tanaman wortel. Jika semua sudah sesuai saatnya membuat bedengan dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Penanaman

Bibit yang sudah disemai sebelumnya selanjutnya akan dipindahtanamkan ke lahan yang sebenarnya. Proses ini merupakan proses penanaman yang merupakan proses wajib dalam rangkaian cara menanam wortel. Bibit wortel ditanam dengan hati-hati ke bedengan yang sudah dipersiapkan.

Setelah bibit tertanam tanah ditutup kembali dengan rapi supaya bibit tidak mudah tercabut dan terbawa air. Supaya bibit tumbuh baik Anda dapat menutupi permukaan tanah dengan daun dan membukanya kembali setelah bibit memiliki 2-3 helai daun baru.

Perawatan tanaman

perawatan wortel
ptnasa.net

Tanaman haruslah dirawat supaya dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil optimal.Percuma jika sudah menggunakan bahan tanam yang unggul namun tidak dilakukan perawatan tanaman yang maksimal.

  Budidaya Jamur Kancing

Tanaman tidak akan mampu mencapai potensi maksimalnya jika dibiarkan tumbuh begitu saja. Berikut ini beberapa langkah perawatan tanaman wortel yang benar:

1. Penyiangan dan penjarangan

Penyiangan merupakan tindakan pengendalian gulma yang tumbuh di sekitar area pertanaman. Jika dibiarkan tumbuh gulma-gulma tersebut bisa mengambil nutrisi di dalam tanah yang seharusnya digunakan oleh tanaman wortel. Akibatnya tanaman wortel tidak dapat memperoleh nutrisi yang cukup.

Sementara itu penjarangan merupakan tindakan pengurangan jumlah tanaman untuk memperkecil kompetisi yang terjadi. Biasanya penanaman dilakukan dengan memasukkan beberapa bibit sekaligus ke satu lubang tanam untuk mengantisipasi adanya bibit yang tidak tumbuh.

Setelah beberapa lama perlu dilakukan pengurangan jumlah tanaman dengan hanya menyisakan yang terbaik supaya tumbuh optimal.

2. Irigasi

Irigasi atau pengairan mutlah diperlukan oleh tanaman wortel. Anda perlu menyirami tanaman wortel setiap hari jika kondisinya masih bibit. Tapi setelah tanaman tumbuh besar intensitas penyiraman bisa dikurangi dengan tetap tidak membiarkan tanaman sampai kering kerontang.

3. Pemupukan

Pupuk diberikan kepada tanaman berdasarkan fase tumbuhnya. Ketika masih dalam fase vegetatif berikan pupuk daun sementara itu Anda bisa mengganti pupuk setelah masuk pada fase pembentukan umbi. Biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk urea dan KCl.

Panen

Biasanya wortel dipanen setelah 3 bulan tanam. Waktu panen perlu diperhatikan dengan tepat agar hasil umbi wortel tidak terlalu keras dan rasanya enak.

Wortel dipanen dengan cara dicabut umbinya dari dalam tanah. Selanjutnya bersihkan umbi wortel dari tanah-tanah yang menempel dan wortel siap untuk dikonsumsi ataupun dijual.

Itu dia rangkaian cara menanam wortel yang benar. Tidak sulit sebenarnya untuk membudidayakan si oranye ini. Anda hanya perlu kegigihan dan keuletan dalam menekuninya supaya wortel tumbuh baik dan mendatangkan keuntungan maksimal.

Cara Menanam Wortel

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

yong bi
2 min read

Cara Budidaya Jamur Merang

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *