counters Cara Menanam Serai yang Praktis dan Sederhana - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Serai

3 min read

cara menanam serai

Cara Menanam Serai – Serai adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki cukup banyak manfaat. Bukan hanya sebagai tanaman herbal dengan segudang manfaat, namun serai juga seringkali dijadikan bahan masakan yang memberikan rasa yang lebih enak.

Beberapa produk yang dihasilkan dari serai ini juga tersedia cukup banyak baik sejumlah produk kecantikan, kemudian produk pembersih, produk pengobatan, dan lain sebagainya.

Serai ini awalnya dikembangbiakkan oleh umbi. Jika Anda tertarik untuk menanam serai, maka Anda harus menanam umbi di dalam pot terlebih dahulu agar tanaman yang akan Anda tanam ini bisa diawasi dengan mudah dan bisa menghasilkan serai yang berkualitas.

Setelah tanaman yang ditanam di dalam pot sudah memiliki akar yang cukup kuat, maka Anda hanya perlu memindahkannya ke halaman atau kebun yang Anda miliki.

Persiapan Sebelum Melakukan Penanaman Serai

persiapan menanam
erabaru.net

Cara menanam serai ini tidak dilakukan begitu saja. Meskipun tanaman ini seringkali dianggap sebagai tanaman rumahan bahkan bisa juga ditanam di dalam gelas, namun Anda harus memahami bagaimana cara menanam yang baik dan benar.

Apabila Anda tidak ingin memiliki tanaman yang rusak atau bahkan tidak berkualitas, maka siapkan beberapa hal maupun komponen penting untuk membuat tanaman yang akan dihasilkan ini bisa berkualitas tinggi.

Sejumlah tahapan yang harus dilakukan sebelum melakukan penanaman serai ini diantaranya sebagai berikut:

Memilih Bibit yang Unggul

Dalam menentukan bibit serai yang akan Anda tanam, pastinya Anda harus memilih bibit yang terbebas dari segala macam penyakit atau bahkan hama yang akan merusak tanaman yang akan ditanam. Anda harus memilih bibit serai yang memiliki akar yang kuat bahkan tidak cacat.

Apabila Anda sedang mencari bibit tanaman, maka Anda harus mencabut rimpang umbi serai yang diiringi dengan mencabut batangnya sekaligus.

Jangan kupa juga untuk melihat apakah daunnya juga telah terpotong sehingga menyisakan batang dan juga umbinya saja. Sebelum dipindahkan ke media tanam yang sesungguhnya, maka Anda bisa melakukan penyiraman rutin sehari 2 kali.

Mengelola Lahan

lahan tanam
seraiwangi.com

Apabila Anda memiliki lahan atau kebun yang sedikit luas, maka Anda bisa mulai membuat sebuah lubang dengan bentuk persegi. Nah, untuk ukuran yang bisa Anda buat ini diperkirakan sekitar 50x50x60 cm sedangkan jarak tanam yang harus Anda perhatikan diantara lubang tanam yang tadi sudah dibuat sekitar 120 cm.

Langkah Penanaman

Cara menanam serai dengan menggunakan potongan umbi ini diantaranya adalah:

  • Menentukan tanaman serai dewasa yang digunakan sebagai bibit yang paling unggul.
  • Anda harus melonggarkan tanah dengan menggunakan sekop atau bahkan menggunakan cangkul.
  • Tempatkan cangkul atau sekop yang Anda gunakan di bawah umbi, kemudian angkat dengan penuh hati-hati agar umbi tidak mudah rusak.
  • Anda wajib untuk mencuci tanah yang masih tersisa di sekitar umbi agar bersih.
  • Gunakan pisau yang cukup tajam untuk mengiris umbi. Potongan umbi yang harus Anda potong ini sekitar 5 cm.
  • Anda bisa menanam serai dewasa dan sisa umbinya pada lubang yang sudah Anda buat sebelumnya.

Tahapan Cara Menanam Serai dengan Cepat

Beberapa cara menanam serai yang sudah dijelaskan di atas, memang bisa Anda gunakan dengan menghasilkan tanaman serai yang juga bisa berkualitas tinggi.

Namun, cara di atas dianggap rumit bahkan membutuhkan waktu yang lama. Padahal, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merawat serai dengan cepat, mudah dan juga praktis.

Apabila Anda mengikuti beberapa cara ini, maka Anda bisa menanam tanaman serai bahkan dalam jumlah yang banyak tanpa harus bersusah payah menggali dan membuat lubang di tanah. Nah, beberapa cara menanam serai dengan mudah yaitu:

  • Anda hanya perlu membeli beberapa serai baik di pasar maupun di supermarket.
  • Kemudian pilihlah serai yang masih segar dan potong pada bagian daunnya.
  • Rendam serai tersebut atau letakkan di tempat yang lembap atau tidak terkena sinar matahari. Tunggulah hingga akar pada serai ini mulai tumbuh.
  • Apabila akar sudah mulai tumbuh, maka Anda bisa memindahkannya di polybag dengan tetap meletakkannya pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Ketika tanaman sudah memunculkan tunas bahkan daun, maka tanaman pun siap ditanam ke media baik kebun maupun lahan kosong.

Cara Merawat Serai

Selain paham akan bagaimana cara menanam serai yang baik dan benar, maka Anda juga harus mampu memikirkan tentang bagaimana cara melakukan perawatan dari tanaman dengan segudang manfaat ini. Nah, beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat serai adalah:

  • Lakukan penyiraman secara berkala yaitu sehari 2 kali. Lakukan pada pagi hari dan juga sore hari saja. Meskipun tidak terkena sinar matahari, Anda harus tetap menyiraminya dengan rutin agar tidak mudah layu.
  • Jangan lupa juga lakukan pemupukan menggunakan pupuk organik agar tanaman yang akan dihasilkan bisa jauh lebih bagus dan sehat.
  • Anda juga harus melakukan penyiangan. Penyiangan merupakan sebuah cara untuk membersihkan tumbuhan yang tidak diinginkan. Biasanya dalam beberapa tanaman yang sedang ditanam, akan ada timbul beberapa tanaman yang mengganggu. Anda hanya perlu membuangnya agar tidak mengganggu penanaman pada tanaman utama.
  • Pada saat usia tanaman sudah mencapai 5 hingga 6 bulan, maka Anda hanya harus membuang beberapa daun-daun yang kering atau bahkan daun yang sudah tua.

Panen Serai

panen serai
starberita.com

Setelah Anda mengetahui apa saja persiapan yang harus dilakukan pada saat akan menanam serai, kemudian bagaimana persiapan lahan tanamnya, bahkan cara menanam serai dengan beberapa cara dan juga merawat serai yang baik dan benar.

Maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan panen serai. Dalam melakukan panen tanaman serai ini, ada beberapa cara juga yang perlu dilakukan seperti:

  • Anda perlu mencabut rimpang ke arah atas dan jangan lupa untuk menyisakan setengah dari seluruh kelompok serai.
  • Potong daun yang sudah panjang dan tutup kembali menggunakan tanah bekas dari cabutan.
  • Gemburkan tanah di sekitar pohon serai yang sudah Anda cabut sebelumnya.

Meskipun nantinya akan sering dilakukan pemanenan, dengan cara yang tepat ini tanaman yang berikutnya akan tumbuh tetap bisa tumbuh dengan jumlah yang banyak bahkan dengan hasil yang maksimal. Setelah melakukan panen, maka Anda bisa mengulangi tahap awal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jadi, itulah sejumlah cara-cara yang bisa Anda pelajari ketika Anda ingin menanam sebuah tanaman yang memiliki banyak manfaat yang penting. Baik manfaat untuk kesehatan, kecantikan bahkan juga dijadikan sebagai bahan masakan yang cukup penting. Anda bisa mempelajari sejumlah cara menanam serai dengan dua cara.

Baik menggunakan cara yang rumit seperti membuat lubang di tanah, atau bahkan dengan cara praktis yang tentunya jauh lebih cepat. Anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai dengan kemampuan.

Cara Menanam Serai

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *