counters Cara Menanam Semangka dan Perawatannya - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Semangka

3 min read

cara menanam semangka

Cara Menanam Semangka – Semangka adalah salah satu buah yang menyehatkan, tidak kalah dengan buah naga karena di dalamnya terkandung sejumlah vitamin-vitamin yang baik untuk tubuh. Buah semangka ini bisa Anda temui dengan mudah di beberapa toko buah bahkan di supermarket.

Harganya yang terjangkau ini menjadikan buah semangka sebagai salah satu buah yang bahkan dikonsumsi oleh banyak orang setiap hari. Ada banyak olahan yang bisa dihasilkan dari buah semangka seperti jus semangka.

Karena buah semangka adalah salah satu buah yang dicari oleh banyak orang untuk dikonsumsi bahkan mampu dijadikan beberapa olahan, tentunya akan sangat menguntungkan apabila Anda bisa memanfaatkannya menjadi salah satu peluang bisnis.

Anda hanya perlu memahami tentang bagaimana cara menanam semangka, melakukan budidaya yang baik dan juga melakukan perawatan agar menghasilkan buah yang berkualitas.

Pemilihan Lahan Budidaya Semangka

kadar asam tanah
2.bp.blogspot.com

Di dalam melakukan penanaman semangka bahkan buah maupun sayuran, pastinya memiliki beberapa tahapan tertentu. Tahapan-tahapan inilah yang nantinya mampu menghasilkan buah yang berkualitas dan juga segar untuk dikonsumsi bagi pelanggan Anda.

Nah, untuk tahap utama yang harus Anda lakukan adalah memilih lahan yang akan digunakan untuk membudidayakan semangka.

Pada saat Anda memutuskan untuk menanam semangka, maka Anda harus paham apa sajakah syarat yang harus dilakukan pada saat tanaman semangka tumbuh.

Paham akan bagaimana sejumlah syarat dari semangka tumbuh, akan membuat semangka yang ditanam ini bisa menghasilkan buah yang maksimal dan juga buah yang berkualitas.

Tahap pertama dari cara menanam semangka adalah menentukan lahan budidaya yang tepat. Untuk menentukan beberapa pilihan lahan budidaya semangka dengan paham akan syarat tumbuh tanaman semangkanya sendiri diantaranya adalah:

Mengetahui Jenis dan PH Tanah

Untuk media tanah yang sangat disukai oleh buah semangka adalah tanah yang memiliki bahan organik serta unsur hara yang cukup tinggi, selain itu tanah yang gembur dan juga bersih dari gulma pun sangat disukai oleh buah semangka.

Kemudian, tanah yang terkena sinar matahari secara langsung pun mampu membuat pertumbuhan semangka bisa menjadi lebih baik. Untuk PH normal yang harus Anda ketahui adalah PH 6 sampai dengan 7.

Ketinggian Lahan Tanam Semangka dan Suhu yang Tepat

Tanaman semangka bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Untuk kisaran tingginya yaitu sekitar 0 sampai dengan 1000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan untuk suhu yang tepat pada saat melakukan penanaman semangka adalah 25 derajat celcius.

  Cara Menanam Kangkung

Persiapan Benih Semangka

memilih bibit semangka
dadimakmur.com

Tahap berikutnya yang dilakukan setelah menentukan lahan yang tepat untuk membudidayakan semangka. Anda harus mempersiapkan benih semangka yang akan ditanam.

Untuk menentukan benih semangka yang berkualitas, pastinya Anda harus membeli benih yang berkualitas di sejumlah toko pertanian terbaik yang mungkin ada di kota Anda. Dalam melakukan persiapan benih semangka, beberapa caranya adalah:

  • Anda bisa melakukan proses perendaman terlebih dahulu untuk kemudian dicampurkan dengan pupuk organik. Lama perendaman yang dilakukan ini kurang lebih 4 hingga 5 jam.
  • Setelah direndam dengan waktu yang sudah ditentukan, maka Anda hanya perlu memeras dan meniriskannya menggunakan kain basah atau dengan menggunakan koran.
  • Setelah bahkan kurang lebih dari 3 hari, benih semangka akan mulai berkecambah. Setelah mulai berkecambah, maka Anda bisa memindahkannya ke media semai.

Setelah benih semangka yang sudah Anda persiapkan ini disemai, maka langkah yang harus Anda lakukan berikutnya adalah tahap penyemaian benih semangka.

Untuk bahan dari penyemaian semangka ini seperti media tanam berupa tanah dan juga pupuk kandang sesuai dengan kebutuhan penanaman semangka. Tahapan dalam melakukan penyemaian benih semangka yaitu:

  • Bersihkan tanah dari beberapa kotoran baik sampah maupun hama yang mengganggu.
  • Campurkan tanah dengan pupuk kandang yang sebelumnya sudah Anda persiapkan. Anda bisa mencampurkannya sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian tanam benih semangka pada lubang sedalam 3 hingga 5 cm saja dan lakukan penyiraman menggunakan air bersih secara berkala.

Cara Menanam Semangka

Setelah benih yang Anda semai sudah menjadi bibit dan sudah berumur kurang lebih 7 hingga 10 hari, maka Anda harus memindahkannya ke lahan tanam atau bendengan.

Sebelum Anda melakukan proses pemindahan ke lahan tanam, cara menanam semangka yang harus dilakukan adalah melakukan penyiraman tanah menggunakan cairan khusus yang akan membersihkan tanah dari berbagai penyakit baik layu, busuk, bahkan hama yang mengganggu.

Pemeliharaan Budidaya Semangka

Cara menanam semangka memang gampang-gampang sulit. Anda hanya harus mampu bagaimana melakukan penanaman yang tepat, bahkan melakukan perawatan yang tepat.

  Cara Menanam Serai

Apalagi jika tanaman yang sedang Anda tanam ini dijadikan sebagai lahan penghasilan. Pastinya semua orang menginginkan buah yang mampu berkualitas dan bisa bernilai jual yang cukup tinggi bukan?

Untuk melakukan perawatan budidaya semangka agar buah yang dihasilkan bisa jauh lebih maksimal diantaranya adalah:

  • Penyiraman tanaman semangka ini bisa Anda lakukan kurang lebih 3 haru sekali atau bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca. Ketika buah semangka sudah memiliki bentuk yang sedikit maksimal, kurangi penyiraman agar buah tidak mudah busuk.
  • Anda bisa mengatur posisi batang utama dan juga ranting tanaman pada media bendengan yang digunakan agar budidaya semangka akan jauh lebih rapi serta mudah dalam melakukan pengawasan dan perawatan.
  • Lakukan pemangkasan cabang utama setelah ruas kelima.
  • Apabila terdapat beberapa buah yang tidak tumbuh dengan normal, maka buang beberapa daun tersebut. Hal ini dilakukan agar buah-buah semangka yang akan tumbuh adalah buah yang tumbuh dengan maksimal.

Pengendalian Penyakit dan Hama pada Semangka

Setelah Anda selesai dalam melakukan proses perawatan semangka, maka Anda juga harus mampu mengendalikan buah semangka agar buah yang dihasilkan tidak mudah terkena penyakit dan juga hama yang akan sangat mengganggu.

Anda bisa membeli cairan insektisida untuk membunuh serangga dan hama yang siap datang kapan saja dan merusak hasil tanam yaitu buah semangka.

Panen Semangka

panen semangka
penjagarumah.com

Tahap terakhir dari cara menanam semangka adalah tahap panen. Tahap panen ini adalah tahap di mana Anda sudah bisa mengambil hasil tanam yang sudah dilakukan pada beberapa waktu yang lalu dengan proses perawatan sedemikian rupa.

Untuk tahap panen yang bisa dilakukan adalah ketika umur semangka 60 hingga 70 HST tergantung dari jenis semangka yang Anda tanam.

Untuk beberapa ciri-ciri dari buah semangka yang akan Anda tanam adalah buah yang memiliki warna yang memudar dan juga sulur pada pangkal tangkai buah yang sudah mengering. Untuk memetik buah semangka, ada waktu yang harus Anda perhitungkan seperti memanen ketika cuaca sedang cerah.

Jadi, itulah sejumlah informasi yang bisa Anda ketahui apabila Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha khususnya pengusaha buah semangka. Dengan paham akan bagaimana cara menanam semangka yang baik dan benar, pastinya kualitas semangka yang akan Anda hasilkan bisa jauh lebih maksimal.

Cara Menanam Semangka

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

yong bi
2 min read

Cara Budidaya Jamur Merang

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *