counters Panduan Cara Menanam Nanas yang Benar - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Nanas

3 min read

cara menanam nanas

Cara Menanam Nanas – Dengan nama latinnya yaitu Ananas comous atau biasa yang dikenal dengan nanas merupakan jenis buah yang dapat dijadikan sebagai bahan rujak atau bahkan dimakan langsung setelah dikupas kulitnya.

Ternyata nanas juga dapat dijadikan sebagai pelengkap masakan yang berfungsi sebagai bahan yang mampu mengempukan daging ayam atau sapi. Fungsi nanas lainnya yaitu dapat dijadikan obat alternatif.

Dengan berbagai macam fungsi yang dihasilkan oleh buah nanas tersebut, saat ini telah banyak orang yang melakukan cara menanam nanas sendiri dipekarangan.

Awal masuk ke Indonesia, tanaman nanas hanya sebagai tanaman di pekarangan rumah saja dan belum sampai ke pembudidayaan.

Namun, dengan berkembangnya zaman semakin banyak orang yang mulai membudidayakan nanas. Bahkan cara menanam nanas sudah mulai dijadikan salah satu lading bisnis dibidang pertanian.

Pasalnya, menanam nanas memang sangat mudah dilakukan dan juga diterapkan. Maka dari itu tidak heran mengapa banyak orang yang baru pertama kali mencoba merambah dunia pertanian sudah handal dalam menanam nanas tersebut.

 

Beberapa Langkah Cara Menanam Nanas

cara menanam nanas
mysimpletricks.com

Bagi Anda yang telah menyukai buah nanas atau hanya ingin mencoba mempelajari cara menanam nanas dengan baik dan benar. Maka simak beberapa langkah dalam teknik menanam tanaman nanas. Beberapa diantaranya yaitu seperti:

1. Persiapan Awal Menanam Nanas

Tanaman nanas merupakan jenis tanaman yang cocok hidup di daerah dataran tinggi. Begitu juga dengan jenis buah-buahan manis asam lainnya seperti buah naga, strawberry, jeruk, dll.

Meskipun demikian, tanaman nanas sangat membutuhkan sinar matahari secara langsung selama 9 jam dalam sehari. Jika kekurangan sinar matahari atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari maka buah nanas akan berkurang kualitasnya ketika dipanen.

Iklim tropis yang cocok dengan tanaman nanas yaitu lingkungan yang bersuhu sekitar 23 Celcius sampai 32 Celcius.

Sedangkan keasaman tanah yang cocok sekitar 5,7 pH sampai 7 pH, karena agar tanah memiliki sifat drainase untuk membantu pertumbuhan dan penyerapan air melalui akar tanaman tersebut.

2. Proses Pemilihan Bibit Unggul

Jangan sampai Anda salah menentukkan bibit tanaman nanas jika tidak ingin gagal panen. Terdapat 3 cara untuk memilih bibit nanas yang bagus dan berkualitas tinggi seperti:

#Dari Hasil Anakan Nanas

Dengan memilih anakan nanas yang berkualitas dan juga bentuk tubuh buah nanas yang sudah pasti bagus maka dapat menghasilkan anakan buah nanas yang berkualitas juga ketika dipanen. Maka dari itu, jangan sampai salah mengambil buah nanas untuk cara menanam nanas.

#Generatif

Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas maka perlu memilih langsung dari induk tanaman yang sehat, tidak cacat, dan tentunya tidak terserah penyakit. Untuk itu, Anda dapat melihat ciri fisik dari tanaman nanas tersebut yang memiliki daun yang tebal.

#Vegetatif

Dengan cara ini Anda dapat mengambil bibit dari tunas buah, tunas batang, tunas akar, mahkota buah, dll yang diambil secara stek batang. Dengan menggunakan cara vegetatif maka Anda juga akan memperoleh jenis bibit tanaman nanas yang berkualitas.

3. Proses Penanaman Nanas

Sebelum memulai proses penanaman nanas, maka terlebih dahulu Anda gemburkan tanah sebagai media lahan tanam.

Kemudian taburi pupuk kandang dan bokashi sebanyak 10 ton untuk 1 hektar lahan, selain itu juga Anda harus membuat bedengan dengan lebar 8 sampai 110cm dengan tinggi 30cm untuk menaburi benih nanas dengan jarak 100cm.

Selanjutnya Anda dapat memulai cara menanam nanas dengan beberpa langkah berikut:

#Buatlah Lubang Tanam

Membuat lubang tanam yang terdapat di dalam bedengan dengan menggunakan cangkul sekitar 30 x 30cm.

#Masukan Benih

Selanjutnya taburkan benih nanas ke dalam lubang-lubang yang sebelumnya telah dibuat. Tentunya Anda sudah menyeleksi benih nanas yang cocok untuk digunakan, memiliki kualitas yang bagus agar dapat menghasilkan buah nanas yang baik pula.

• Menutup Lubang dan Menyiramnya

Pada bagian lubang maka harus ditutup dengan menggunakan tanah. Jika perlu injak bagian tanah agar memadat dan pastikan benih nanas sudah tertancap dalam pada tanah agar pertumbuhannya tidak mudah roboh.

Jangan lupa untuk menyiram tanah secara merata agar cara menanam nanas dapat berhasil.

Waspada Penyakit dan Hama Dalam Tanaman

hama pada nanas
3.bp.blogspot.com

Pada umumnya hama yang menyerang tanaman nanas yaitu lalat buah, kumbang, ulat buah, dan penggerek buah. Gunakanlah pembasmi seperti buldog, micat, imidakloprit, dan spontan untuk dapat mengusir semua penyakit dan hama dalam tanaman nanas.

Namun, untuk lebih baiknya Anda gunakan pembasmi tersebut sesuai anjuran dan jangan berlebihan.

Agar tanaman nanas dapat berkembang dengan baik maka dapat dilakukan pencegahan dengan menggunakan benlet, kasumin, dan mankozeb dengan cara menyemprotkan pada tanaman nanas tersebut.

Proses Panen Buah Nanas

Setelah menunggu dengan melakukan cara menanam nanas, maka saatnya Anda mendapatkan hasil yang manis dengan memanen semua buah nanas. Untuk jenis tanaman nanas yang ditanam dengan cara vegetatif akan lebih cepat tumbuh dibandingkan cara generatif.

Pasalnya, tanaman yang berasal dari bibit tunas batang dapat dipanen pada umur 18 sejak masa tanam, sedangkan tanaman dengan bibit tunas akar mulai dipanen umur 12 bulan sejak masa tanam.

Namun, berbeda dengan cara generatif yang dapat ditanam pada umur 2 tahun dari sejak masa tanam.

Ketika memanen harus tepat saat memotong tangkai buah dengan pisau yang steril. Tujuannya untuk menjaga kondisi buah agar tidak rusak. Untuk periode pemanenan dilakukan 3 kali yaitu 25% periode pertama, 50% periode kedua, dan 25% peroide ketiga.

Jadi, itulah bagaimana cara menanam nanas dan proses panen yang dapat dilakukan dengan cara yang mudah.

Cara Menanam Nanas

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Cara Menanam Terong Ungu

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *