counters Cara Menanam Kemangi yang Mudah dan Cepat- Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Kemangi

2 min read

cara menanam kemangi

Cara Menanam Kemangi – Kemangi merupakan tumbuhan perdu yang dapat dengan mudah hidup di dataran rendah dan tinggi. Dengan memiliki bau yang khas seperti mint ini banyak disukai oleh sebagian besar orang.

Oleh karena itu, jenis tumbuhan ini juga sering digunakan dan dimanfaatkan untuk campuran lalapan bersama dengan timun dan kubis untuk beberapa macam hidangan makanan seperti ayam goreng, bebek goreng, dan nasi pecel.

Selain itu, tumbuhan kemangi biasa digunakan oleh beberapa orang untuk bahan obat herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Salah satu tanaman yang sangat familiar di masyarakat Indonesia kemangi tergolong tumbuhan dalam genus Ocimum. Daun kemangi jenis tumbuhan yang batangnya lunak, karena tidak membentuk kayu. Pertumbuhan jenis tumbuhan kemangi ini biasanya banyak dijumpai di daerah tropis.

Tumbuhan kemangi terkenal dengan tanaman herbal tegak semak, tajuk membulat, bercabang banyak. Dengan cara yang mudah, tentunya Anda dapat mempelajari bagaimana cara menanam kemangi.

Di dalam kemangi memiliki kandungan kimia yaitu seperti 1,8 sineol, anethol, boron, dan apigen. Selain itu, daun kemangi juga mengandung asam aspartat dan asam amino arginin.

Maka dari itu banyak sekali masyarakat yang memiliki minat untuk mencoba melakukan cara menanam kemangi. Anda dapat melakukan bertanam kemangi yang dapat memberikan hasil yang menguntungkan.

Jenis-jenis Teknik Menanam Kemangi Dengan Cara Yang Mudah

teknik menanam kemangi
1.bp.blogspot.com

Sekarang ini, Anda tidak perlu hanya membeli kemangi dibeberapa toko terdekat. Karena saat ini Anda dapat melakukan cara menanam kemangi dengan teknik menanm yang mudah. Berikut ini terdapat beberapa teknik menanam kemangi, beberapa diantaranya yaitu seerti:

1. Menanam Kemangi Dengan Cara Hidroponik

Penanaman dengan menggunakan teknik hidroponik ini cukup dengan media tanam arang sekam dan cocopeat. Jenis tanaman kemangi dapat dengan mudah apabila ditanam dengan teknik hidroponik.

  Budidaya Ubi Jalar

Nah, jika Anda tertarik dengan cara menanam kemangi teknik hidroponik maka simak informasi berikut ini.

Menanam kemangi dengan menggunakan teknik hidroponik maka Anda harus siap untuk menyiapkan berbagai macam peralatan, media, hingga pupuk untuk mempersubur tanaman. Anda dapat memanfaatkan lahan rumah untuk dijadikan tempat pertanian kecil-kecil bagi diri sendiri.

Tanaman kemangi setelah tumbuh subur nantinya akan memiliki bunga putih yang berukuran kecil, namun saat dibiarkan berbunga maka pertumbuhan daun akan lebih sedikit dan tanaman akan cenderung cepat tua, serta gampang mati.

2. Menanam Kemangi Di Polybag

Anda juga bisa menanamnya di polybag dengan ukuran diameter sekitar 30 cm. Siapkanlah media tanam yaitu seperti tanah dan bokashi dengan perbandingan 1:1, kemudian tambahkan juga insktisida furadan 3 gram sebanyak 2 sendok makan per potnya.

Setelah itu, Anda masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam polybag tersebut.

Untuk mendapatkan bibit kemangi yang unggul maka dapat dibeli di toko-toko pertanian atau dengan cara menyiapkan bibitnya sendiri.

Cara mencari bibit tanaman kemangi yang sudah tua lalu digosok dengan tangan sampai bibitnya tampak berupa biji berukuran kecil berwarna hitam. Lakukan pemupukan setiap 2-3 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kompos atau bokashi.

Setelah pupuk ditaburkan dengan rata maka siram hingga pupuk tersebut larut.

3. Menanam Kemangi Dengan Teknik Stek Batang

Ada teknik lain untuk dapat memulai cara menanam kemangi yaitu dengan menggunakan teknik stek batang. Bagi Anda yang belum pernah mencoba, maka bisa melakukannya di rumah dengan cara yang sangat mudah.

Persiapkan alat dan bahan seperti tanaman kemangi, polybag, tanah, pupuk kandang, cutter, dan cetok. Setelah itu, potonglah batang kemangi dengan sekali tebasan dengan arah potongan menyerong.

  Cara Menanam Seledri

Kemudian, rendam potongan batang tersebut selama 3-5 menit, lalu campurlah tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 di polybag. Kemudian isi media tanam dengan batang kemangi yang berdiri tegak, kokoh, dan tidak mudah goyah.

Cara Menanam Kemangi

manfaat daun kemangi
pemberdayaanmasyarakatdesa.wordpress.com

Setelah Anda mengetahui cara menanam kemangi dengan berbagai macam teknik, sekarang saatnya Anda ketahui bagaimana cara menanam tumbuhan kemangi. Beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti:

1. Pilihlah Jenis Tanaman Kemangi

Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka Anda harus memiliki jenis kemangi yang memiliki aroma dan rasa yang unik.

Kemangi memiliki banyak varietas seperti kemangi kayu manis dengan rasa yang mais dan bunga yang cantik, kemangi lemon yang mengandung citral, kemangu ungu yang biasa untuk hiasan, dan kemangi Globe dan Yunani yang lebih sulit untuk ditanam.

Setelah Anda memilih jenis kemangi untuk ditanam, maka tanam benih di dalam ruangan 4-6 jam sebelum di tanam di luar agar mendapatkan udara dan sinar matahari yang cukup.

2. Persiapkan Wadah Untuk Benih

Isilah wadah dengan campuran parlite, vermiculite, dan gambut. Kemudian tekan campuran tersebut untuk menghilangkan kantung udara, jangan lupa lembabkan campuran tersebut dengan air agar dapat memberikan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan kemangi.

3. Tanam Benih Kemangi

Untuk cara menanam kemangi yang benar maka Anda jatuhkan satu atau dua biji benih ke dalam masing-masing wadah, lalu tutupi dengan tanah dan tutup wadah dengan plastik pembungkus yang bening.

Jangan lupa untuk membuka penutup dua kali sehari untuk memberikan sedikit air ke wadah. Bukalah penutup wadah ketika batang kemangi sudah mulai tumbuh dengan tanda batang hijau pertama tumbuh dari tanah.

Cukup berikan air dua kali sehari, jangan biarkan tanah mongering. Jika tanaman sudah mulai tumbuh tinggi maka saatnya untuk memindahkannya ke wadah yang lebih besar.

Jadi, itulah langkah cara menanam kemangiyang dapat Anda coba di rumah.

Cara Menanam Kemangi

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

yong bi
2 min read

Cara Budidaya Jamur Merang

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *