counters Cara Menanam Kangkung dengan Mudah dan Praktis - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Kangkung

3 min read

tanaman kangkung

Cara Menanam Kangkung – Sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang dibutuhkan manusia. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam setiap sayuran membuat sistem kerja yang ada di tubuh kita menjadi seimbang. Banyak sekali jenis sayuran yang dapat Anda makan setiap harinya untuk melengkapi kandungan gizi pada tubuh Anda.

Salah satu jenis sayuran yang banyak dipilih dan paling sering ditemukan di pasar adalah kangkung. Kangkung merupakan sayuran hijau yang mempunyai kandungan zat besi dan pro vitamin A yang cukup tinggi.

Seperti yang Anda ketahui, zat besi penting bagi tubuh untuk menjaga sel darah merah yang ada dalam tubuh manusia tetap normal. Selain itu, zat besi juga baik untuk mencegah penyakit anemia.

Oleh karena itu, banyak orang dengan penyakit anemia disarankan untuk memakan kangkung demi memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kangkung yang dijual dipasaran memiliki harga yang sangat terjangkau, jadi tidak heran jika masyarakat Indonesia sering mengonsumsi sayuran ini. Tidak hanya itu saja, kangkung juga dapat dimasak dengan berbagai olahan. Di Indonesia, kangkung sering dimasak sebagai tumis, oseng-oseng, pecel, atau hanya direbus saja.

Bahkan di Jawa Timur, kangkung digunakan sebagai salah satu sayuran yang melengkapi hidangan rujak cingur. Angka konsumsi kangkung yang tinggi ini membuat banyak petani mencoba peruntungan dengan menanam kangkung dan kemudian dijual di pasar-pasar terdekat.

Cara menanam kangkung ini sangatlah mudah dan praktis. Jika Anda memiliki lahan dan ketekunan yang tinggi, maka dijamin Anda dapat membudidayakan kangkung ini dengan baik. Menanam kangkung tidak perlu menggunakan lahan yang luas, dengan lahan terbatas pun Anda tetap dapat menanam kangkung di rumah.

Tahapan Menanam Kangkung

menanam kangkung
daquagrotechno.org

Sebelum mengetahui cara menanam kangkung, pastikan bahwa Anda mengetahui jenis kangkung yang dijual di pasar. Jadi, terdapat dua jenis kangkung yang berbeda, yakni kangkung darat dan kangkung air.

Anda harus mengetahui kedua jenis kangkung tersebut agar Anda dapat melakukan perawatan yang sesuai dengan jenis kangkung yang Anda tanam.

Selain menanam kangkung di lahan, Anda juga dapat menanam kangkung dengan media polybag ataupun pot. Jadi, Anda tetap dapat menanam kangkung meskipun tidak memiliki lahan. Berikut ini adalah cara menanam kangkung.

1. Menyiapkan Bibit Kangkung

Sebelum proses penanaman dilakukan, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan bibit kangkung yang siap tanam. Bibit kangkung ini dapat Anda peroleh di toko penjual bibit tanaman terdekat di kota Anda.

Pastikan bahwa Anda membeli bibit kangkung dari supplier terpercaya dan dengan kondisi kemasan yang baik. Selain menggunakan bibit, menanam kangkung juga dapat menggunakan cara vegetatif, yakni dengan stek pucuk batang kangkung.

2. Media atau Lahan Tanam

Media atau lahan tanam menjadi salah satu hal penting yang harus disiapkan untuk dapat menanam kangkung. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan dan tidak memiliki lahan, maka Anda dapat menggunakan media tanam polybag atau pot sebagai gantinya.

Kedua media tersebut juga cukup praktis untuk digunakan, terutama jika Anda baru pertama kali mencoba untuk menanam kangkung. Biasanya menanam kangkung dengan media polybag ini hanya digunakan untuk konsumsi pribadi saja.

Namun, jika Anda memiliki lahan yang cukup untuk ditanami kangkung, maka Anda dapat menggunakan lahan tersebut. Tidak perlu lahan yang terlalu luas, dengan lahan terbatas pun Anda sudah dapat menanam kangkung.

3. Menyiapkan Tanah

Setelah bibit dan lahan siap, maka selanjutnya Anda harus menyiapkan tanah sebagai media tanam. Tanah yang dipakai haruslah yang memiliki kualitas baik. Nantinya tanah ini akan dicampur dengan pupuk organik atau pupuk kandang. Pastikan bahwa tanah yang Anda gunakan bukan tanah yang kering.

4. Menyiapkan Pupuk Organik atau Pupuk Kandang

Pupuk digunakan agar kangkung dapat tumbuh secara optimal dan memiliki hasil panen yang berkualitas. Pupuk organik dan pupuk kandang banyak dipilih untuk budidaya kangkung karena keduanya merupakan pupuk organik sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Pemakaian pupuk ini menggunakan perbandingan 2 : 1, dimana jumlah tanah lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pupuk. Selain itu, arang sekam juga dibutuhkan untuk menambah porositas pada tanah. Namun, diusahakan penggunaan arang sekam ini tidak berlebihan.

5. Menanam

Untuk proses menanam kangkung dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dengan menyemai bibit terlebih dahulu atau langsung menanamnya di polybag. Berikut ini adalah cara menanam kangkung.

  • Siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam kangkung.
  • Bibit kangkung harus didiamkan selama dua hari sebelum dimasukkan ke media tanam.
  • Setelah didiamkan selama dua hari, bibit kangkung sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam.
  • Buat tiga lubang di media tanam menggunakan jari kira-kira sedalam 10 hingga 15 cm.
  • Masukkan bibit kangkung ke dalam lubang yang telah dibuat dengan masing-masing dua bibit untuk satu lubang.
  • Tutup lubang dengan tanah hingga merata.

Cara Menanam Kangkung di Polybag

menanam kangkung
jualpolybag.wordpress.com

Jika Anda menggunakan media polybag, sebaiknya melakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari agar bibit kangkung yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Cara menanam kangkung tersebut dapat dilakukan dengan media tanam berupa polybag.

Untuk Anda yang akan menanam kangkung di lahan yang luas, terdapat beberapa perbedaan dalam cara menanamnya. Berikut ini adalah cara menanam kangkung di lahan yang luas.

  • Sebelumnya Anda harus mencangkul tanah kira-kira sedalam 20 hingga 30 cm. tahap pencangkulan ini dilakukan agar tanah gembur dan dapat ditanami.
  • Bedengan harus dibuat dengan arah dari barat ke timur agar tanaman kangkung mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  • Jika tanah di lahan Anda memiliki kadar ph yang rendah, maka Anda harus melakukan pengapuran untuk menjaga kandungan tanah tetap basa. Jika tanah bersifat asam, maka tanaman kangkung tidak dapat tumbuh dengan baik.
  • Apabila tanah sudah siap, Anda dapat mulai menanam bibit kangkung ke dalam bedengan tersebut. Bibit yang ditanam dalam lubang harus berjarak 20 x 20 cm. Jika pada media tanam polybag hanya diperbolehkan untuk memasukkan dua bibit kangkung saja, maka dengan menggunkan media lahan ini, Anda dapat memasukkan dua hingga lima bibit kangkung sekaligus.
  • Lakukan sistem penanaman secara zigzag atau bergaris.

Itulah tadi tahapan dalam menanam kangkung yang dapat Anda lakukan. Anda harus terus memastikan pertumbuhan kangkung berjalan dengan optimal agar dapat dihasilkan kangkung yang berkualitas baik. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan tanaman gulma dan rerumputan yang ada di sekitar tanaman kangkung.

Anda sudah dapat memanen tanaman kangkung jika sudah berusia dua puluh lima hingga tiga puluh hari setelah daun-daunnya tumbuh dengan lebat.

Dengan cara menanam kangkung yang mudah tersebut, tentunya Anda dapat menanam kangkung dimana saja dan kapan saja tanpa terhalang oleh terbatasnya luas lahan di sekitar rumah Anda.

Cara Menanam Kangkung

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *