counters Cara Menanam Bawang Putih Agar Panen Melimpah
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Bawang Putih

5 min read

budidaya bawang putih

Cara Menanam Bawang Putih – Siapa yang tidak mengenal bawang putih? Salah satu bahan utama di setiap kuliner ini banyak di jual di pasaran. Bawang putih memiliki aroma yang khas, sehingga sangat cocok dengan kuliner khas nusantara yang selalu menggunakan bawang putih di setiap bumbunya.

Bawang putih juga kabarnya memiliki kandungan antibiotik yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Dengan berbagai keuntungan tersebut, membuat banyak orang yang tertarik untuk menanam bawang putih.

Sudah banyak petani yang sukses dengan menjadikan bawang putih produk utama mereka. Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga memberikan keuntungan yang besar. Bagi Anda yang tertarik bertani bawang putih, berikut cara menanam bawang putih yang bisa Anda coba langsung.

Memilih Bibit Bawang Putih

bibit bawang
adaptiveseeds.com

Sebelum ke proses cara menanam bawang putih, yang harus Anda ketahui di awal adalah pemilihan bibit atau benih yang berkualitas.

Pasalnya jika bibit yang digunakan berkualitas dan dipadukan dengan cara menanam yang benar maka dipastikan hasil yang diperoleh tak akan mengecewakan. Selain itu, benih yang berkualitas juga memiliki proses pertumbuhan yang cepat. Berikut beberapa ciri benih bawang putih yang berkualitas.

Terdapat beberapa ciri-ciri tanaman bawang putih berkualitas dibawah ini.

• Benih Bawang Putih Bersih Dari Kotoran

Bibit ataupun benih yang memiliki kualitas tinggi memiliki kondisi fisik yang terlihat bersih apalagi jika bibit ataupun benih tersebut masuk kedalam kategori unggulan, selain bersih dari kotoran, bibit bawang putih juga bersih dari hama dan gulma.

Jika Anda membelinya di toko pertanian ataupun di online shop, tanyakan terlebih dahulu apakah bibit tersebut merupakan bibit unggulan atau tidak, lebih baik lagi jika Anda bisa melihat langsung kondisi bibit tersebut.

• Bibit Bawang Putih Berisi

Maksud dari ciri yang selanjutnya ini sangat simple, intinya bibit ataupun benih tak terserang hama yang akhirnya mengakibatkan kompong atau kosong.

Dalam kasus ini anda juga bisa melakukan metode yang mudah seperti halnya menekan bibit bawang putih yang tak terbungkus oleh plastik ataupun anda juga bisa melakukannya dengan metode penimbangaan.

Selain cara diatas, anda juga bisa melakukan metode perendaman bibit, karena jika bibit bawang putih yang berisi atau bernas akan tenggelam saat direndam dalam air.

Anda juga harus memperhatikan hal ini karena jika anda menggunakan bibit yang kompong atau kosong, maka anda akan mengalami gagal panen.

• Bibit Bawang Putih Memiliki Warna Cerah

Ciri bibit berkualitas selanjutnya ialah warna dari bibit atau benih bawang putih tersebut, sebab bibit yang berkualitas memiliki warna yang terlihat cerah meski sudah disimpan lama.

Sebaiknya setelah membeli bibit yang memiliki warna cerah, hindari penyimpanan dalam lingkungan yang banyak mengandung patogen karena bisa merusak kualitas bibit bawang putih dan membuat warna menjadi kusam.

• Bibit Bawang Putih Memiliki Ukuran Sama Atau Seragam

Ciri bibit berkualitas yang terakhir ini sangat mudah anda lihat, sebab anda cukup memperhatikan ukuran dari setiap benih bawang putih yang akan Anda beli. Biasanya bibit bawang putih yang berkualitas memiliki ukuran yang sama atau seragam dengan bibit yang lainnya.

Selain itu, jika bibit terlalu besar bukan berarti itu menjadi tanda bahwa benih itu bagus atau berkualitas, karena bibit yang berkualitas harus memiliki volume umbi yang sama dengan umbi yang lainnya.

Pengolahan Tanah Dan Penanaman Bawang Putih

pengolahan lahan
harvesttotable.com

Setelah mengetahui jenis bibit bawang putih yang berkualitas, tahap berikutnya adalah pengolahan lahan tanam bawang putih dan cara menanam bawang putih itu sendiri. Tanaman bawang putih tentunya memiliki kriteria media tanam seperti halnya tanah dan kadar PH tanah.

Tanaman bawang putih sangat menyukai jenis tanah lempung yang sedikit berpasir dan struktur tanah yang gembur selain itu tanaman ini juga sangat suka pada tanah yang memiliki kadar keasaman atau PH 5,5 hingga 7. Berikut proses pengolahan tanah untuk media tanam bawang putih.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menyiapkan peralatan berupa cangkul, alat ini digunakan untuk penggemburan tanah yang akan Anda gunakan sebagai media tanam, setelah melakukan penggemburan tanah selesai, tahap yang selanjutnya adalah melakukan pemupukan bisa dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos.
  2. Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan keasaman atau pH tanah, jika pH tanah masih berada dibawah 5 ada baiknya Anda menaburkan kapur terlebih dulu. Berikutnya adalah proses pembuatan bedengan, buatlah bedengan panjang sesuai dengan jumlah tanaman bawang putih yang nantinya akan ditanam.

Luas bedengan berukuran 125 cm. Tahap terakhir ialah pembuatan lubang yang nantinya akan diisi oleh calon bibit ataupun benih bawang putih.

Setelah pengolahan media tanam selesai, langkah berikutnya ialah proses penanaman bibit bawang putih, anda bisa mengisi lubang yang sebelumnya sudah disiapkan pada proses pengolahan lahan dengan cara memasukan satu benih pada setiap lubang. Setelah itu, tutup dengan menggunakan tanah yang tipis lalu Anda siram dengan menggunakan air secukupnya.

Setelah proses penanaman benih selesai, anda juga harus melakukan proses perawatan tanaman bawang putih agar nantinya tumbuh dengan optimal.

Perawatan Budidaya Bawang Putih

Setelah penanaman bibit selesai, hal penting selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah perawatan pada tanaman bawang putih. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada proses perawatan ini, diantaranya :

1. Pemupukan

Cara pemeliharaan bawang putih yang pertama ialah proses pemupukan, dalam proses ini Anda bisa menggunakan 2 jenis pupuk yakni pupuk organik dan juga non-organik. Pilih pupuk sesuai metode penanaman yang Anda gunakan.

Selain itu, pastikan pupuk yang Anda gunakan memiliki kualitas terbaik.
Hal tersebut dikarenakan pupuk merupakan hal penting yang akan mempengaruhi cepat atau tidaknya pertumbuhan tanaman bawang putih. Pupuk juga akan menentukan kualitas hasil panen nantinya.

2. Pemulasan

Kegiatan yang satu ini dilakukan di musim kemarau karena jika Anda lakukan di musim penghujan, bisa mengakibatkan tanah menjadi terlalu lembab dan juga bisa merusak kualitas dari hasil panen bawang putih tersebut.

Bahan pemulasan berupa jerami atau bisa juga sisa-sisa tanaman yang sudah mati karena bisa meningkatkan suhu diarea tanam.

3. Pengairan

Cara yang berikutnya adalah dengan cara melakukan pengairan atau membuat parit diarea bedengan tanaman bawang putih, di tahap awal sebaiknya pengairan harus dilakukan 2 hingga 3 kali sehari.

Namun jika sudah masuk proses pertumbuhan tunas, proses pengairan akan dilakukan selama 7-15 hari sekali. Selain itu, jika tanaman bawang putih sudah mendekati masa panen hentikan proses pengairan ini.

Beberapa langkah diatas harus Anda lakukan secara rutin selama tanaman bawang putih yang Anda tanam berada dalam masa pertumbuhan.

Pengendalian Hama Dan Penyakit Bawang putih

Berbeda dengan bawang merah, bawang putih sering kali mengalami beberapa penyakit dan hama yang berbahaya pada pertumbuhan tanaman tersebut. Hama dan Penyakit ini akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas hasil panen nantinya.

Hama yang sering menyerang tanaman bawang putih adalah ulat daun, ulat tanah dan bekicot. Ketiga hama ini mampu merusak tanaman bawang putih dalam waktu 2-3 hari jika tidak di basmi.

Ulat daun, akan memakan bagian daun bawang putih, sedangkan ulat tanah akan merusak akar atau umbi bawang putih, dan bekicot akan membuat tanaman bawang putih dipenuhi dengan bercak putih yang akhirnya membuat daun bawang putih membusuk.

Bekicot juga akan bertelur pada bagian daun, yang membuat bagian pangkal daun patah.

Anda bisa membasmi ketiga hama ini dengan menggunakan pestisida nabati atau dengan cara manual. Jika Anda memilih menggunakan pestisida, gunakan pestisida dengan kandungan racun yang aman bagi tanaman bawang putih. Anda juga bisa menggunakan perangkap dengan cara memasangnya di sekitaran tanaman.

Sedangkan penyakit yang sering dialami oleh bawang putih adalah pengeringan pada bagian umbi. Hal ini dikarenakan kurangnya pH tanah dan kondisi udara yang kurang maksimal atau tidak cocok dengan tanaman bawang putih.

Bagian umbi akan mengering, yang selanjutnya merusak bagian daun bawang. Jika hal ini dibiarkan, maka penyakit ini akan menular ke tanaman lainnya.

Pastikan Anda sudah mengatur pH atau keasaman lahan yang Anda gunakan, Jika tanaman bawang putih yang ditanam terlanjur mengalami penyakit ini, gunakan obat nabati yang ada di berbagai toko pertanian.

Panen Budidaya Bawang Putih

panen bawang
aquariumcarebasics.com

Setelah melakukan berbagai langkah perawatan dan pengendalian hama, langkah selanjutnya adalah memanen tanaman bawang putih. Biasanya, bawang putih sudah bisa dipanen dalam kurun waktu 90-120 hari semenjak bibit ditanamkan. Proses panennya pun cukup mudah, berikut proses panen bawang putih.

  • Untuk memanen bawang putih, Anda bisa menggunakan tangan kosong. Namun, yang harus anda ingat, proses panen harus dilakukan saat cuaca sedang cerah
  • Setelah itu, kumpulkan umbi bawah putih tersebut menjadi satu, lalu ikat sejumlah 20-30 rumpun per ikatannya dan dijemur hingga batang benar-benar terlihat kering.
  • Proses penjemuran juga harus dilakukan dibawah sinar matahari langsung, tapi pada bagian umbi bawang putih harus ditutup menggunakan kain agar tidak terkena sinar matahari langsung
  • Setelah batang tanaman bawang putih itu benar-benar kering, simpan pada lokasi yang memiliki kadar kelembaban rendah, agar nantunya umbi bawang putih tak mengalami pembusukan.

Pada saat memanen bawang putih, lakukan dengan hati-hati agar umbi bawang putih tidak patah dari batangnya. Hal ini tentunya akan membuat bawang putih memiliki kualitas yang kurang baik dan membuat hasil panen Anda berkurang.

Itulah beberapa langkah dalam menanam bawang putih. Anda bisa langsung mencobanya di rumah atau langsung di lahan pertanian Anda. Ikuti setiap langkah cara menanam bawang putih dengan teliti, sehingga Anda tidak mengalami gagal panen nantinya.

Cara Menanam Bawang Putih

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Kangkung

yong bi
3 min read

Cara Menanam Jahe Merah

yong bi
3 min read

Cara Menanam Serai

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *