counters Cara Budidaya Pepaya California, Buah Kaya Manfaat - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Budidaya Pepaya California

3 min read

cara budidaya pepaya california

Budidaya Pepaya California – Tanaman pepaya varietas California ialah salah satu jenis pepaya yang digandrungi serta mulai banyak dikebunkan petani. Keuntungannya besar sehingga banyak orang tertarik mencari tahu cara budidaya pepaya California dan mempraktekannya. Pepaya ini memiliki keunggulan tersendiri.

Dari segi ukuran, ternyata pepaya ini tidak terlalu besar karena bobotnya berkisar di angka 0.8 hingga 1.5 kg per buahnya. Kulitnya berwarna hijau, tebal serta mulus.

Bentuk buahnya lonjong dan buah yang sudah matang akan berwarna kuning, daging buahnya tebal dan kenyal serta rasanya manis. Varietas California ini termasuk dalam jenis unggul dan bermur genjah. Pohon atau batangnya lebih pendek dibanding jenis pepaya lain dengan tinggi 1.5 hingga 2 meter.

Pepaya California sudah dapat dipanen pada usia 8 hingga 9 bulan. Pohonnya bisa berbuah sampai usia empat tahun. Dalam sebulan, pepaya ini bisa dipanen hingga empat kali. Sekali panen, satu pohon pepaya California bisa menghasilkan antara 2 hingga 3 buah.

Per hektarnya bisa mencapai jumlah antara 1.9 hingga 3.6 ton. Pepaya California termasuk dalam komoditas pertanian di daerah tropis dengan peluang besar untuk dikembangkan di negara tropis seperti Indonesia.

Usaha agribisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Dengan keuntungan yang sangat banyak tersebut, wajar jika banyak orang tertarik membudidayakannya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pembibitan Pepaya

bibit pepaya
jualbibitpepaya.com

Langkah dan cara budidaya pepaya California diawali dengan memilih bibit. Pengambilan bibit dapat dilakukan dengan membelah bagian tengah buah dan ambil biji yang hendak digunakan sebagai bibit. Bagian tengah pepaya ialah bibit terbaik dalam menanam buah pepaya.

Setelah itu, barulah bibit disemai dengan media yang terdiri antara campuran tanah serta pupuk kandang. Jika penyemaian telah selesai, bibit-bibit bisa dimasukkan dalam polybag tersendiri agar dapat dipindahkan secara lebih mudah.

Pertumbuhan bibit dalam polybag secara satu per satu akan dapat membuat mereka tumbuh dengan lebih baik. Bibit tidak akan terserang hama maupun tumbuh bengkok-bengkok.

Ingatlah sebelum menanam bibit pepaya California ini, kita harus ketahui dulu ciri-ciri dari pepaya California. Jangan sampai salah dalam memilih jenis pepaya yang ditanam. Biasanya, pepaya California akan memiliki ciri khusus di bagian daun.

Terdapat tangkai daun dengan ukuran beberapa sentimeter di tengah diameter pertemuan urat-urat dari tulang daun. Lalu id bagian ujung ada daun kecil dengan bentuk seperti jambul. Jika kita lihat dari buahnya, pepaya California memiliki buah dengan bentuk lonkong memanjang serta ukurannya tidak terlalu besar.

Biji buahnya juga ada banyak serta terletak dalam lubang rongga yang lumayan sempit. Daging buah cukup tebal serta berwarna kemerahan, sementara rasanya sangat manis.

Pengolahan Lahan Budidaya Pepaya

Cara budidaya pepaya California yang kedua ialah mempersiapkan lahan tanam yang tepat. Pepaya California dapat tumbuh baik di area yang sepanjang hari disinari matahari. Tanah yang subur serta sinar matahari melimpah akan membuat pepaya semakin cepat berbuah bahkan walaupun pohonnya masih pendek.

Lahan harus dibersihkan lalu digemburkan dengan cara dibajak ataupun dicangkul. Tanah dengan kadar pH di bawah 6 dapat ditaburkan dolomit untuk hasil terbaik. Buatlah bedengan selebar dua meter.

Tujuan pembuatan bedengan ini ialah agar genangan air bisa dihindari pada area tanam pepaya. Jika ingin menghemat anggaran serta waktu pembuatan bedengan, lahan tanpa bedengan sebenarnya akan tetap dapat dipakai.

Penanam Bibit Pepaya

penanaman pepaya
3.bp.blogspot.com

Untuk menanam bibit pepaya, buatlah lubang tanam di atas bedengan. Ukuran lubang tanam ini kira-kira berdiameter 30 cm dan jarak antar lubang kira-kira adalah 3 meter.

Sebelum dilakukan penanaman, yaitu kira-kira 2 minggu sebelum waktu tanam, siapkan dulu campuran pupuk organik yang terdiri dari tanah dan pupuk kandang dengan rasio 1:1. Campuran itu akan dibiarkan selama 2 minggu. Lubang yang sudah dibuat lalu ditanami dengan bibit pepaya California.

Polybag harus dibuka atau disobek secara hati-hati supaya media tanam di tanah tidak pecah. Setelah itu, urug lubang tanam di bedengan menggunakan campuran tanah dan pupuk organik yang telah dibiarkan selama dua minggu tadi.

Dalam cara budidaya pepaya California juga harus diberi pupuk susulan tiap tiga bulan sekali. Pupuk yang diberikan ialah pupuk kandang serta puuk kimia NPK. Pupuk kandang dapat diberikan dengan dosis 15 kg tiap pohon maupun sesuai dengan kebutuhan serta kondisi tiap tanaman.

Pupuk kandang juga harus ditabur dengan jarak 50 cm pada sekitar diameter tanaman. Sementara untuk pupuk NPK, berikan dengan dosis 150 kg per satu musim tanam.

Pemberian pupuk ini tidak boleh sampai telat atau terlupa demi kesuburan tanaman. Pohon pepaya yang rajin dipupuk akan tumbuh sehat dan menghasilkan buah yang banyak.

Perawatan Pepaya California

Tanaman pepaya California akan dapat tumbuh secara maksimal apabila kita merawatnya secara rutin dengan cara disiangi, disirami serta dibubuni.

Tanaman sebaiknya mendapat pengairan cukup. Lakukan penyiraman rutin di musim kemarau atau ketika tanah tengah dalam kondisi kering. Penyiangan juga dapat dilakukan rutin dengan cara mencabuti rumput pada sekitar batang tanaman.

Penggunaan bahan kimia seperti herbisida sebaiknya dihindari agar kerusakan akar dapat dihindari. Pembubunan sendiri dilakukan setelah penyiangan selesai dan pupuk susulan telah diberikan.

Pembubunan terutama bermanfaat dalam memperkuat batang tanaman pepaya California sehingga tidak mudah goyah. Batang yang kuat akan dapat menopang lebih banyak buah sehingga menguntungkan kita.

Penyakit Ataupun Hama yang Sering Mengganggu

Hama yang seringkali datang dan menyerang tanaman pepaya California ialah kutu daun, kutu putih lama serta tungau. Kita bisa mencegah datangnya hama ini dengan menyemport akarisida maupun insektisida.

Sementara untuk penyakit yang kerap datang, beberapa di antaranya yang biasa menyerang tanaman pepaya California ialah Collectricum, Phytphora parasitica P, Pyhtium dan Palmivoral. Cegah semua penyakit ini dengan menggunakan semprotan larutan fungisida yang dicampur air.

Pengendalian hama melalui penyemprotan insektisida sebaiknya menjadi langkah alternatif saja karena ada faktor kesehatan konsumen yang harus turut diperhatikan. Lakukan pengendalian hama menggunakan bahan-bahan organik saja.

Panen dan Pasca Panen

panen pepaya
kampustani.com

Pemanenan tanaman pepaya California dapat dilakukan ketika tanaman telah berusia antara 8 sampai 9 bulan. Kita bisa melihat tanda-tanda tanaman yang telah matang jika telah muncul semburat kuning pada buah, terutama di bagian ujungnya.

Apabila sudah panen, kita harus potong bagian tangkainya. Proses panen butuh waktu kira-kira 10 hari. Periode waktu ini memang terbilang lebih lama jika dibandingkan buah pepaya yang ditanam profesional di kebun. Keuntungan yang didapat dari hasil budidaya pepaya California terbilang cukup besar.

Tidak heran banyak orang yang mencoba peruntungan di bidang ini. Apalagi, dengan rasa yang manis dan ukuran yang tidak terlalu besar, konsumen juga cenderung lebih menyukai pepaya California dibanding pepaya lainnya.

Budidaya Pepaya California

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *