counters Cara Budidaya Jamur Merang untuk Pemula - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Budidaya Jamur Merang

2 min read

budidaya jamur merang

Budidaya Jamur Merang – Tingkat konsumsi jamur merang di Indonesia saat ini dapat dikatakan cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang ini permintaan jamur merang di pasaran sangat tinggi.

Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur yang mempunyai banyak kandungan gizi dan dapat diolah dengan berbagai macam masakan. Hal inilah yang membuat banyak petani jamur yang memilih untuk melakukan budidaya jamur merang.

Jamur merang sebenarnya mudah ditemukan di jerami atau merang yang sudah membusuk. Akan tetapi, jika melihat tingginya permintaan jamur merang saat ini, sangat tidak mungkin untuk mengandalkan jamur merang yang tumbuh secara alami.

Cara budidaya jamur merang yang mudah dan sederhana membuat orang-orang tertarik untuk mencoba melakukan budidaya ini. Bibit jamur merang juga mudah untuk didapatkan.

Jadi, akan menjadi sebuah peluang yang sangat menggiurkan jika Anda melakukan budidaya jamur merang ini. Apabila Anda ingin mengetahui cara budidaya jamur merang yang mudah dan cocok untuk pemula, berikut ini adalah tata cara urutan budidaya jamur merang.

1. Membuat Media Jerami

media jerami padi
2.bp.blogspot.com

Seperti yang sudah sedikit dibahas pada paragraf sebelumnya jika jamur merang hanya dapat hidup di media jerami atau merang saja. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan media jerami yang merupakan media utama dari budidaya jamur merang.

Anda dapat mencari jerami atau merang sisa panen yang biasanya ada di sawah. Biasanya para petani hanya akan membiarkan jerami tersebut atau bahkan membuangnya.

Maka dari itu, Anda harus cepat agar jerami tidak keburu dibuang. Terdapat kriteria jerami yang baik digunakan untuk media budidaya jamur merang, yakni:

  • Jerami harus berasal dari padi yang baru saja dipanen atau bisa menggunakan jerami yang berumur satu hingga dua minggu dari masa panen.
  • Jerami yang digunakan bisa dari jenis tanaman padi apa saja.
  • Anda harus memotong jerami tersebut ke dalam ukuran yang lebih kecil.
  • Kemudian hasil jerami yang telah dipotong harus direndam pada air kurang lebih selama 3-4 hari.
  • Langkah terakhir adalah proses kompos pada media jerami.
  Cara Menanam Bawang Merah

2. Proses Kompos Media Jerami

Pada habitat aslinya, jamur merang akan tumbuh tanpa perlu kompos tambahan. Hal ini karena jerami sudah mengalami proses pengomposan secara alami. Oleh karena itulah, hasil yang didapat tidak sebagus jamur merang yang dihasilkan melalu proses pengomposan tambahan.

Adanya proses pengomposan ini berfungsi untuk membuat bibit jamur merang tumbuh secara alami. Untuk proses kompos ini dilakukan dengan berbagai tahapan antara lain sebagai berikut:

  • Anda bisa melakukan budidaya jamur merang di luar ruangan. Namun, untuk mengantisipasi adanya perubahan cuaca, akan lebih baik jika lahan yang digunakan memiliki naungan.
  • Bagian dasar lahan harus dilapisi dengan lahan agar proses pengomposan berjalan dengan optimal.
  • Kemudian Anda dapat menata jerami dengan tinggi dasar berkisar antara 10-15 cm. Untuk ukurannya disesuaikan dengan luas lahan, tapi ukuran idealnya yaitu 1×3 meter.
  • Taburi dedak atau bekatul dibagian atas dengan tambahan sedikit kapur. Lalu tata kembali pada lapisan kedua dan kembali diberi bekatul atau dedak serta kapur. seperti lapisan pertama. Lakukan hingga tumpukan jerami berjumlah tiga lapis.
  • Selanjutnya siram jerami dengan air secukupnya hingga basah dan lembab dan tutup media menggunakan terpal. Pastikan seluruh media jerami tertutup rapat agar proses pengomposan dapat berjalan dengan baik.
  • Buka penutup media setiap 3-4 hari dan pada hari ke-14 balik media kompos serta tidak perlu ditutup.
  • Pada hari ke-21 media kompos sudah jadi.

3. Menaburkan Bibir Jamur Merang

Sebenarnya tanpa melakukan penaburan bibit, jamur merang juga sudah dapat tumbuh pada media jerami. Hanya saja kualitas dan kuantitas yang dihasilkan tidak maksimal

. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, Anda harus menaburkan bibir jamur merang.

  Tahapan Cara Menanam Wortel

Pastikan jika Anda menggunakan bibit jamur merang dengan kualitas baik agar bibit dapat tumbuh dengan baik. Setelah bibit jamur merang ditaburkan, tunggu hingga 4 hari dan benih akan mulai tumbuh.

4. Proses Penyiraman

penyiraman jerami
2.bp.blogspot.com

Penyiraman harus dilakukan menggunakan selang yang telah diberi nozlle. Proses penyiraman ini bertujuan untuk menjaga kelembaban media jerami tersebut. Penyiraman yang paling ideal dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari.

Akan tetapi, jika Anda memulai budidaya jamur merang ini pada musim hujan, maka Anda tidak perlu melakukan penyiraman.

5. Perawatan Secara Intensif

Budidaya jamur merang ini sangat rentan terkena hama dan penyakit karena berada di daerah yang lembab dan terbuka. Jadi, Anda harus melakukan pengamatan secara rutin guna menjaga kondisi jamur merang.

Melakukan sanitasi pada lokasi budidaya jamur merang juga baik untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda akan meminimalisir munculnya hama dan penyakit.

6. Proses Panen

Panen dilakukan pada bulan ketiga setelah penebaran bibit jamur merang dengan frekuensi panen dua kali seminggu. Pastikan Anda melakukan sortasi agar jamur merang yang dihasilkan berkualitas baik.

Setelah panen selesai dilakukan, Anda dapat membalik media jerami untuk digunakan pada budidaya jamur merang selanjutnya. Media ini dapat digunakan hingga tiga kali proses tanam.

Keenam cara budidaya jamur merang tersebut sangat mudah untuk dilakukan, terutama bagi pemula seperti Anda yang ingin mencoba budidaya jamur merang ini.

Jadikan peluang tingginya permintaan jamur merang sebagai sebuah usaha baru bagi Anda dan dapatkan keuntungan berlipat. Dan untuk menambah wawasan, baca juga bagaimana cara budidaya jamur kancing.

Budidaya Jamur Merang

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *