counters Cara Budidaya Jeruk Nipis Agar Berbuah Banyak- Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jeruk Nipis

2 min read

budidaya jeruk nipis

Budidaya Jeruk Nipis – Tanaman jeruk nipis dengan nama latin Citrus aurantifolia ini sejenis tanaman perdu yang memiliki banyak cabang serta berduri. Tinggi tanaman jeruk nipis sekitar 1,5 – 3,5 meter. Jeruk ini mempunyai banyak manfaat sama halnya dengan Jahe Merah.

Dengan berbetuk daunnya yang bulat dan ujung yang tumpul, serta memiliki warna hijau tua dan hijau muda pada bagian bawah daun maka jenis tanaman ini sudah sangat familiar dikalangan masayarakat Indonesia.

Bahkan telah banyak yang menjadikan budidaya jeruk nipis sebagai peluang usaha mereka.

Jeruk nipis tergolong memiliki rasa yang masam, dengan aroma yang sedap, dan mengandung banyak air. Banyak diantara masyarakat yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai bumbu dapur, bahan minuman, parfum, kosmetik, hingga obat-obatan.

Apabila Anda akan memulai budidaya jeruk nipis maka harus memperhatikan kondisi ketinggian daerah. Karena tanaman jeruk nipis dapat tumbuh diketinggian 10 – 1000 mdpl, dengan pH tanah 5 – 6, kelembaban 70 – 80%, dan curah hujan 1000 – 2000 mm/tahun. Cukup detail untuk daerah yang dapat ditanami jenis tanaman jeruk nipis.

Cara Budidaya Jeruk Nipis

budidaya jeruk nipis
agrowindo.com

Banyak diantara masyarakat yang belum paham bagaimana melakukan budidaya jeruk nipisagar mendapatkan hasil panen yang berkualitas. Beberapa caranya yaitu sebagai berikut:

1. Pilih Bibit Jeruk Nipis Yang Unggul

Untuk dapat mendapatkan bibit jeruk nipis maka Anda dapat mencarinya melalui dua cara yaitu:

• Cara Vegetatif

Cara ini dilakukan dengan cara mencangkok cabang atau ranting tanaman. Pilihlah cabang batang yang berumur sedang sebagai bahan cangkokan. Caranya cukup dengan menguliti cabang sepanjang 5 – 10 cm dan diamkan selama 1 hari.

Cara menanam jeruk nipis dengan vegetatif memiliki keuntungan yaitu tanaman akan cepat berbuah, namun pada bagian batang akan cepat rapuh dan mudah terkena penyakit.

  Cara Menanam Nanas

• Cara Generatif

Cara generatif dengan memanfaatkan biji dari buah yang sudah tua, kemudian dikeringkan cukup terkena angin selama 2 – 3 hari sampai lendir yang terdapat pada biji hilang sendiri. Kemudian Anda baru bisa menanam biji tersebut ke media tanam.

Kelebihan dari cara ini yaitu batang pohon jauh lebih besar dan kokoh, namun membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan buah dari cara generatif sekitar 5 – 6 tahun.

2. Proses Penanaman Jeruk Nipis

Mengolah lahan sebagai media tanam merupakan hal yang harus dilakukan setelah memilih bibit jeruk nipis. Anda harus memilih jenis tanah yang subur dan bersihkan dari pengganggu tanaman lainnya.

Setelah itu, Anda buat lubang tanaman dengan ukuran 80 x 80 x 80 cm, kemudian biarkan lubang tanam tersebut hingga 2 – 4 minggu.

Lanjutkan dengan memasukkan pupuk kandang dengan aturan dosis sebanyak 20 kg untuk setiap untuk setiap lubang yang ditanam. Biarkan selama 5 – 7 hari.

Nah, selanjutnya Anda taburkan bibit jeruk nipis pada lubang tanam sebagai budidaya jeruk nipis. Jangan lupa, berikan jarak tanam sekitar 5 x 5 meter atau 6 x 6 meter setiap lubang tanam jeruk nipis.

3. Melakukan Proses Panen

Setelah Anda mendapatkan cara budidaya jeruk nipis yang dilakukan dengan cara yang benar, maka ketika panen Anda juga akan mendapatkan hasil dari jeruk nipis yang berkualitas. Tentunya hal tersebut akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda.

Nah, sebagai informasi bahwa tanaman jeruk nipis ini akan berbuah pada umur 3 tahun, namun hanya dengan minimal pertumbuhan jeruk tersebut.

Dan jika Anda ingin mendapatkan keuntungan buah jeruk yang banyak maka bisa dipanen pada umur 6 sampai 15 tahun. Pasalnya semakin lama waktu panen maka Anda akan mendapatkan kurang lebih 50 kg untuk setiap batang pohonnya.

Jika Anda memiliki 10 pohon saja pasti sudah dapat dipikirkan berapakajh keuntungan yang didapatkan dari budidaya jeruk nipis tersebut. Jeruk nipis yang sudah siap untuk dipanen yaitu memiliki ciri-ciri seperti berwarna hijau kekuningan, buah tidak keras dan bagian bawah buah jeruk nipis empuk saat ditekan.

  Cara Budidaya Buah Naga

Untuk cara pemetikan juga tidak boleh sembarangan, karena memerlukan teknik khusus yaitu dengan cara memotongnya pada bagian tangkai batang.

Perawatan Budidaya Jeruk Nipis

perawatan jeruk nipis
menanam.com

Merawat budidaya jeruk nipismemang terkesan cukup sulit jika Anda belum paham langkah yang harus dilakukan. Jadi, ketika Anda mendapatkan tanah yang kurang subur maka pemupukan harus dilakukan secara berkelanjutan dan juga teratur setiap 2 sampai 3 bulan sekali.

Agar tanah lebih subur dan hasil jeruk memiliki kualitas yang bagus maka Anda juga dapat menggunakan pupuk urea, TSP, KCL, dan jenis pupuk lainnya.

Nah, apabila budidaya jeruk nipis yang Anda lakukan memiliki kualitas tanah yang subur maka Anda dapat menambahkan pupuk ketika tanaman berumur 4 tahun sebagai pemberiaan pupuk lanjutan.

Walaupun jenis tanaman jeruk nipis tidak bermasalah ketika mendapatkan asupan sinar matahari setiap hari, maka jenis tanaman ini juga memerlukan air secara teratur terutama ketika pohon telah berbunga dan berbuah.

Anda dapat menyiasatinya dengan membuat lubang di sekeliling pohon dengan kedalam 10 – 15 cm dengan jarak 40 – 50 cm, tujuannya adalah untuk tempat menyiram dengan cara memasukan air ke dalam lubang tersebut.

Biasakan untuk selalu merawat tanaman jeruk nipis agar terhindar dari hama dan serangan penyakit tanaman. Anda dapat melakukan pemangkasan akar agar tajuk jerkuk nipis memiliki bentuk yang simetris.

Pemangkasan tanaman yang dilakukan dengan memotong batang tanaman setinggi 60 cm dari permukaan tanah. Sehingga, setelah dipotong maka akan tumbuh tunas yang baru.

Nah, jadi itulah beberapa informasi penting yang dapat Anda coba di rumah untuk percobaan dalam merawat tanaman jeruk nipis.

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

yong bi
2 min read

Cara Budidaya Jamur Merang

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *