counters Cara Mudah Budidaya Jamur Kancing bagi Pemula
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Jamur Kancing

2 min read

cara budidaya jamur kancing

Budidaya Jamur Kancing – Di Indonesia banyak sekali jenis jamur yang dijual di pasaran. Salah satu jenis jamur yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah jamur kancing. Bentuk jamur ini menyerupai bentuk kancing baju dengan warna putih kecoklatan.

Jamur kancing ini dapat dengan mudah Anda temui di seluruh daerah Indonesia. Jadi, tidak heran jika jamur ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Ukuran jamur ini tidak besar, hanya sekitar 2-4 cm.

Jamur ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai macam makanan dan tidak harus melalui proses pemasakan yang rumit.

Banyaknya orang yang mengonsumsi jamur menjadi salah satu peluang usaha bagi para orang yang melakukan budidaya jamur kancing. Harganya yang lumayan mahal dan banyak dicari orang akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Cara budidaya jamur kancing pun juga sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula seperti Anda. Berikut ini adalah cara budidaya jamur kancing yang mudah dan dapat Anda coba.

1. Menyiapkan Media Tanam

media jamur kancing
bertaniorganik.com

Anda harus menyiapkan media tanam dengan baik agar hasil budidaya jamur kancing dapat optimal. Di bawah ini adalah tata cara menyiapkan media tanam jamur kancing.

  • Siapkan rak-rak yang telah disusun dalam ruangan dengan suhu antara 25-280 celcius.
  • Selanjutnya menyiapkan media tanam, yakni campuran jerami, kapur pertanian serta bekatul. Selain itu, Anda juga harus menambahkan nitrogen, kalium, urea, pospor, TSP, dan ZA pada media tanam agar hasil jamur tiram berkualitas.
  • Potong jerami dengan ukuran 10-15 cm dan jerami harus dalam keadaan bersih.
  • Kemudian Anda dapat menebarkan campuran kapur dan bekatul pada media jerami dan diamkan selama sehari.
  • Tambahkan air dan urea 0,9% dengan rata agar tetap lembab dan diamkan hingga enam hari.
  • Tambahkan ZA 1% dan aduk rata lalu diamkan selama 10 hari. Kemduain tambahkan 1,2% TSP dan diamkan hingga 17 hari.
  • Selanjutnya lakukan sterilisasi dengan menata media pada rak tanam yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Selama 12 jam, media dialiri uap panas dan atur suhu ruangan hingga 65o celcius.
  • Setelah itu, suhu diturunkan menjadi 450celcius selama 70 jam kemudian turunkan kembali suhu menjadi 320 celcius.
  Budidaya Jeruk Nipis

2. Penyemaian Bibit

Selanjutnya siapkan bibit jamur kancing yang dapat Anda beli di toko pertanian atau koperasi tani terdekat di daerah Anda. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menebarkan bibit jamur kancing adalah sebagai berikut:

  • Tebarkan bibir jamur kancing secara merata dan perlahan pada bagian atas media budidaya jamur kancing. Usahakan untuk membuat rak dengan ketinggian sekitar 20 cm dan panjangnya 3×1 meter.
  • Dalam sekali tebar, jumlah botol yang diperlukan adalah 10 hingga 14 botol dengan kapasitas 220cc. Anda juga dapat mengira-ngira sendiri.
  • Tunggu hingga miselium pada media tanam tumbuh dalam 14 hari setelah bibit jamur kancing tersebut ditebarkan. Apabila setelah 14 hari miselium belum juga tumbuh, maka Anda dapat melakukan penyebaran bibit jamur kancing sesuai langkah pertama tadi.

3. Perawatan

perawatan jamur kancing
3.bp.blogspot.com

Perawatan dalam proses budidaya jamur kancing sangat diperlukan karena untuk memastikan jika jamur kancing yang dihasilkan mempunyai kualitas yang baik. Berikut ini adalah cara perawatan budidaya jamur kancing.

  • Ketika miselium telah tumbuh, Anda harus memperhatikan suhu pada ruangan agar tetap stabil dan lembab. Jangan sampai suhu ruangan berada di bawah atau di atas suhu normal. Apabila terjadi penurunan suhu pada ruangan, Anda dapat memakai penghangat ruangan.
  • Lapisi miselium dengan menggunakan tanah setebal 5 cm. Hal ini berguna untuk membantu proses pembentukan jamur kancing serta berfungsi mengurangi risiko kerusakan kompos. Tidak hanya itu, pelapisan ini juga berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan dan penguapan air pada bibit jamur kancing.
  • Tanah yang ideal digunakan untuk pelapisan miselium adalah tanah dengan pH antara 7 hingga 8 dan mempunyai warna cokelat. Tanah tersebut terlebih dahulu harus melalui proses strerilisasi pada suhu sekitar 700 celcius dalam kurun waktu empat jam.
  • Setelah itu, Anda dapat menunggu hingga jamur mulai mengalami pertumbuhan. Biasanya proses pertumbuhan ini terjadi selama kurang lebih 14 hari. Kemudian jamur kaning sudah dapat dipanen dalam tiga hari setelah masa pertumbuhan.
  Cara Menanam Seledri

4. Masa Panen Jamur Kancing

Setelah melewati berbagai macam prosedur yang harus dilakukan untuk budidaya jamur kancing, langkah terakhir yang sudah pasti Anda tunggu-tunggu adalah proses panen jamur kancing itu sendiri.

Setelah melalui proses yang panjang, pada akhirnya jamur kancing sudah dapat dipanen tiga hari setelah proses pertumbuhan. Adapun cara untuk memanen jamur kancing adalah sebagai berikut:

  • Anda dapat melakukan panen jamur kancing dengan mencabut jamur hingga ke akarnya. Kemudian Anda harus membersihkan akar jamur dengan cara memotong akar tersebut.
  • Pastikan jika Anda melakukan proses panen tepat waktu, yakni seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tiga hari setelah proses pertumbuhan agar jamur kancing tidak keburu layu. Jika Anda telat sehari, maka jamur kancing yang dihasilkan kualitasnya tidak akan baik.
  • Jamur dengan kualitas baik mempunyai bentuk bulat utuh dan berukuran besar. Selain itu, tidak terdapat kecacatan pada jamur kancing.

Langkah-langkah di atas adalah penjelasan mengenai cara budidaya jamur kancing dengan mudah dan dapat dilakukan oleh pemula.

Anda dapat memanfaatkan peluang pasar terhadap jamur kancing yang tinggi dengan melakukan budidaya jamur kancing ini. Tunggu apalagi, segara jadikan budidaya jamur kancing sebagai usaha pribadi Anda!

Budidaya Jamur Kancing

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Cara Budidaya Jamur Merang

yong bi
2 min read

Budidaya Ubi Jalar

yong bi
2 min read

Budidaya Jeruk Nipis

yong bi
2 min read

Cara Menanam Nanas

yong bi
3 min read

Cara Menanam Kemangi

yong bi
2 min read

Tahapan Cara Menanam Wortel

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *