counters Kunci Sukses Budidaya Ikan Gabus Agar Panen Melipah - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Ikan Gabus

2 min read

budidaya ikan gabus

Budidaya ikan gabus memang bisa dibilang tidak cukup populer seperti budidaya ikan air tawar yang lainnya. Akan tetapi, jika Anda bisa memperhatikan lebih dalam lagi, budidaya ini bisa menghasilkan omset yang sangat menjanjikan jika Anda mampu menjalankannya dengan penuh keseriusan dan kesungguhan.

Ikan gabus memang masih kalah dengan ikan lele, ikan bandeng maupun ikan nila. Padahal, jika Anda mencari tahu tentang ikan ini, ikan gabus justru memiliki nilai gizi yang cukup tinggi apalagi untuk dikonsumsi.

Ada beberapa orang yang percaya bahkan tidak percaya bahwa ikan gabus memiliki asam amino esensial dan non-esensial.

Bahkan ikan gabus dipercaya bisa membantu beberapa proses penyembuhan dari beberapa luka baik luka bakar, kemudian infeksi paru-paru, hepatitis, dan juga mampu untuk memenuhi kebutuhan dari nutrisi tubuh. Jadi, ikan gabus ini baik untuk dikonsumsi pada ibu hamil, bayi dan juga anak-anak.

Jenis Ikan Gabus yang Sering Dibudidaya

jenis ikan gabus
4.bp.blogspot.com

Meskipun sangat cocok untuk dikonsumsi, namun ikan ini belum terkenal seperti ikan tawar yang lainnya. Maka dari itu, banyak orang yang mencoba untuk mencoba melakukan budidaya ikan gabus. Beberapa jenis ikan gabus yang paling sering dibudidaya adalah:

  • Great snackhead (1 meter)
  • Forest snackhead (40 cm)
  • Channagacua. Jenis ikan ini adalah ikan yang paling kecil dan juga paling sering dibudidayakan.

Apakah Budidaya Ikan Gabus Menguntungkan?

Melakukan budidaya ikan gabus ini seringkali dianggap remeh oleh banyak orang. Bahkan banyak orang yang malas mencoba melakukan budidaya ikan ini karena masa panen yang cukup lama sekitar 6 hingga 7 bulan.

Apalagi jika dalam perjalanan masa panen, ikan banyak yang mati atau bahkan stress. Namun, untuk harganya, ikan ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 40.000,-.

  Belajar Budidaya Ikan Bawal

Tentunya harga ikan ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan lainnya. Jadi, bagi Anda yang mau bersabar, maka budidaya ikan ini adalah kegiatan yang sangat menguntungkan.

Proses Budidaya Ikan Gabus

Untuk melakukan proses budidaya ikan gabus, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan. Nah, untuk beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, simaklah penjelasan singkatnya berikut ini:

• Lokasi Budidaya

Dalam melakukan budidaya ikan ini, Anda wajib untuk mengecek di manakah lokasi yang tepat untuk ikan ini bisa hidup. Nah, opsi tempat budidaya ikan ini yang tepat adalah pemilihan ikan di kolam terpal, tanah, maupun beton.

• Memilih Indukan Gabus Jantan dan Betina

Untuk melakukan budidaya ikan gabus, Anda juga wajib untuk memilih indukan gabus jantan dan juga indukan gabus betina yang memiliki kualitas terbaik. Pemilihan indukan terbaik ini akan mempengaruhi hasil panen yang akan dihasilkan nantinya.

Untuk membedakan antara ikan gabus jantan dan betina, Anda bisa melihatnya dari tanda yang ada di tubuhnya.

Untuk ikan gabus jantan memiliki ciri-ciri berupa kepala dengan bentuk yang cenderung oval dan juga tubuhnya yang jauh lebih gelap serta ada bagian lubang genital dengan warna merah yang ada di bagian bawah tubuhnya.

Sedangkan untuk ikan gabus betina memiliki tubuh dengan warna lebih terang dengan kepala yang cenderung bulat. Anda wajib untuk memilih indukan gabus jantan yang memiliki berat minimal 1 kg.

• Pemijahan Ikan Gabus

Setelah Anda menemukan indukan ikan gabus terbaik, maka proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah proses pemijahan. Untuk proses ini adalah proses pelepasan telur sperma ikan sehingga bisa menghasilkan pembuahan.

Proses pemijahan akan membuat ikan gabus betina bertelur. Kemudian, telur tersebut bisa Anda bawa dengan alat penjaring halus dan membiarkan telur bisa menetas dengan alami.

  Belajar Budidaya Ikan Bawal

• Penetasan Telur Ikan Gabus

Agar kita bisa lebih mudah mengontrol bagaimana kondisi telur ikan gabus, akan lebih baik jika proses penetasan telur dilakukan di dalam akuarium.

Akuarium yang diperlukan ini disarankan untuk memiliki ukuran 65x45x45 cm. Sedangkan untuk isi akuarium ini tingginya kurang lebih 40 cm dengan suhu di dalam air mencapai 20 derajat celcius.

Setelah nantinya memasukkan telur ikan gabus ke dalam akuarium kurang lebih 4 sampai 6 butir, telur ikan gabus diperkirakan akan menetas sekitar 24 jam setelah dimasukkan ke dalam akuarium. Setelah menetas, larva ikan gabus tidak perlu langsung diberikan makan selama 2 hari.

Alasannya karena ikan ini masih memiliki cadangan makanan di dalam tubuhnya setelah mereka menetas.

• Menebar Benih Ikan dan Memberi Makan

benih ikan gabus
ytimg.com

Jika nantinya benih ikan gabus sudah berusia 2 minggu, maka sudah dipastikan bahwa benih bisa disebarkan ke kolam.

Sebelum benih dimasukkan ke dalam kolam, Anda terlebih dahulu untuk memastikan bahwa air kolam tidak dialirkan selama 1 minggu. Pagi hari merupakan waktu yang ideal untuk memasukkan benih ikan gabus ke dalam kolam.

Dalam pemberian pakan, Anda bisa memberikan beberapa pakan seperti anakan rayap, ikan teri, daging ampas dapur dan juga memakan makan ikan yang berukuran lebih kecil dari mereka. Jangan sampai telat dalam memberikan makan. Sebab, ikan gabus adalah ikan kanibal.

Kendala Budidaya Ikan Gabus

Adakah kendala pada saat melakukan budidaya ikan gabus? Beberapa saran agar ikan gabus bisa bertahan dan dipanen dengan kualitas yang maksimal, maka Anda perlu membuat pinggiran kolam yang lebih tinggi karena ikan ini lebih liar dibandingkan dengan ikan lele dan termasuk sebagai ikan kanibal.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa Anda terapkan apabila Anda tertarik untuk melakukan budidaya ikan gabus yang bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Budidaya Ikan Gabus

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Belajar Budidaya Ikan Bawal

yong bi
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *