counters Belajar Budidaya Ikan Bawal untuk Pemula - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Belajar Budidaya Ikan Bawal

3 min read

budidaya ikan bawal

Budidaya Ikan Bawal – Sebelum berbicara mengenai budidaya ikan bawal, lebih baik kita mengetahui apa itu budidaya dan apa saja jenis jenisnya.

Budidaya merupakan proses kegiatan yang sudah terencana dalam pemeliharaan sumber daya entah itu hayati atau hewani yang dimaksudkan untuk mengambil manfaat atau hasil dari objek yang sedang di budidaya.

Memahami Pengertian Budidaya Hayati dan Hewani

budidaya hewani
akamaized.ne

Untuk budidaya hayati, bagian yang diambil biasanya adalah bagian yang memiliki nilai ekonomi seperti biji, buah, daun, batang, tunas dan juga bunga. Kegiatan budidaya tumbuhan seperti ini biasa kita kenal sebagai bercocok tanam.

Sedangkan Budidaya hewan biasanya berupa usaha pembesaran atau pemeliharaan hewan termasuk juga pembibitan dari telur agar hewan dapat tumbuh dan dapat diambil daging, telur ataupun susunya.

Setelah mengetahui apa itu budidaya, kita mengetahui budidaya ikan bawal merupakan salah satu budi daya hewani. Lalu mengapa ikan bawal menjadi salah satu ikan favorit yang di budidaya?

Jawabannya karena ikan bawal adalah salah satu ikan air tawar yang tergolong cepat dalam pertumbuhannya dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Selain dari cepatnya dalam pertumbuhan pemeliharaannya juga sangat mudah. Oleh karena itu, ikan bawal merupakan ikan yang banyak dibudidaya.

PeluangBudidaya Ikan Bawal

Dalam budidaya ikan bawal, kita dapat menggali dua aspek penting dalam budidaya. Kita bisa bergerak di dalam pembibitannya, dan juga pembesaran. Dalam pembibitan, kita bergerak dengan cara mempunyai banyak bibit untuk di jual kepada peternak lain.

Sedangkan jika bergerak dalam pembesaran, kita akan fokus dalam menjual kepada konsumen atau pasar agar ikan kita dapat di konsumsi.

Ikan bawal sangat mudah untuk di budidaya, karena ikan bawal bisa kita budidaya di kolam tanah maupun di kolam permanen, bahkan secara monokultur ataupun secara multikultur. Selain itu kelebihan ikan bawal adalah:

  • Memiliki nafsu makan yang tinggi (mengakibatkan cepatnya pertumbuhan ikan).
  • Kemampuan ikan bawal yang cukup tinggi dalam bertahan hidup.
  • Merupakan salah satu jenis ikan omnivora akan tetapi lebih cenderung memakan daun.
  • Memiliki daging ikan ini cukup lezat, yang menjadikan permintaan pasar banyak untuk ikan ini.
  Budidaya Ikan Gabus

Proses Budidaya Ikan Bawal

kolam budidaya bawal
ptnasa.net

Dalam membudidayakan ikan bawal, ada beberapa proses yang harus di perhatikan dan harus disiapkan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah:

1. Persiapan Kolam

Persiapan kolam ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi kolam, seperti kita harus mengecek apa ada ikan lain dalam kolam. Kita dapat mengetahui isi kolam dengan cara mudah yaitu mengeringkannya.

Sebenarnya tidak masalah ada ikan lain, akan tetapi akan lebih maksimal jika langkah ini dilakukan. Lalu, mengeringkan kolam juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengurangi senyawa-senyawa yang tidak diinginkan yang ada pada kolam yang belum terawat.

Dalam proses ini pun kita harus memperkirakan luas kolam dengan ikan yang akan kita tebar jumlah yang ideal saat ikan sudah besar adalah empat ikan dalam satu meter kolam.

2. Pemilihan dan Penebaran Benih

Pemilihan benih adalah sebuah hal yang mutlak dalam budidaya ikan, karena benih yang baik akan memaksimalkan pertumbuhan dari ikan yang kita rawat tersebut.

Untuk ciri-ciri benih yang sehat yaitu sehat, aktif bergerak serta tidak memiliki cacat, dan biasanya ukuran benih yang baik yaitu seragam.

Saat benih sudah dipilih, penebaran benih pun harus melalui proses adaptasi, agar benih-benih tersebut tidak stres di pindahkan ke kolam pembesaran.

Pada saat memindahkan, kita harus membungkusnya dengan plastik dan di taruh di dalam kolam, ini dimaksudkan agar suhu dalam plastik bisa sesuai dengan suhu pada kolam.

3. Pemberian Pakan

Selain benih ikan yang berkualitas, kolam yang terjaga, faktor makanan merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan ikan. Kualitas dan kuantitas makanan merupakan faktor penentu, dengan kualitas yang baik ikan akan berkembang dengan maksimal.

  Budidaya Ikan Gabus

Kualitas pakan yang baik merupakan pakan yang memiliki gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat, lemak serta mineral juga vitamin.

Sebenarnya sifat omnivora pada ikan bawal memudahkan kita dalam memberikan pakan, Kita dapat memberikan dedaunan yang ditambahkan pelet.

Dan jumlah yang cocok adalah 3-5% dari jumlah total berat ikan yang sedang di pelihara (dengan cara kira-kira besar ikan/beratnya dikalikan jumlah ikan yang dipelihara. Cara pemberian makannya pun cukup sederhana, yaitu cukup di tebar di kolam itu seperti memberi makan ikan pada umumnya.

4. Panen Ikan

Panen merupakan proses yang paling ditunggu dari proses budidaya ikan bawal. Proses panen atau pemungutan ikan bawal dari kolam pembesaran dilakukan setelah bawal berusia empat sampai enam bulan.

Setelah penebaran benih, biasanya ukuran ikan bawal saat dipanen berkisar 500 gram/ ekor kurang lebih.

Cara menangkap ikan dari kolam pembesaran biasanya menggunakan alat berupa jaring bermata lebar, lalu dipindahkan kedalam kolam penampungan yang tidak terlalu sempit agar ikan-ikan ini tetap terjaga kesegarannya.

Lalu, kondisi kolam penampungan sementara yang baik selain ukuran yang cukup air yang ada di dalamnya harus selalu mengalir.

5. Penjualan Ikan

Penjualan ini merupakan proses terakhir atau tujuan budidaya itu sendiri. Sebenarnya dalam budidaya yang ditujukan bukan untuk konsumsi pribadi atau bertujuan dijual, mencari konsumen merupakan langkah terpenting dalam budidaya, agar perputaran uang tetap lancar dalam budidaya tersebut.

Lalu kemana kita harus mencari pembeli kita bisa menjual ikan langsung ke konsumen? Tentunya bisa dilakukan dengan cara membuat toko ataupun menawarkan door to door ke restaurant, ataupun kita mendatangi pedagang ikan yang ada di pasar agar lebih mudah memasarkannya.

Jadi, itulah sebagian informasi bagi Anda yang akan melakukan salah satu proses budidaya hewani yang menguntungkan yaitu melakukan proses budidaya ikan bawal. Baca juga bagaimana cara budidaya ikan gabus.

Budidaya Ikan Bawal

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Budidaya Ikan Gabus

yong bi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *