counters Bioma Hutan Hujan Tropis : Pengertian, Jenis dan Ciri - Energyx
yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Mengenal Bioma Hutan Hujan Tropis

3 min read

bioma hutan hujan tropis

Bioma Hutan Hujan Tropis – Bumi dan seisinya memang merupakan ciptaan Tuhan yang sangat luar biasa. Ada beragam organisme hidup yang berada di muka bumi dan saling berinteraksi satu sama lain membentuk sebuah sistem kehidupan yang seimbang.

Ilmu mengenai makhluk hidup ini dipelajari di dalam cabang ilmu Biologi. Ada banyak sekali istilah yang bisa ditemukan dalam cabang ilmu biologi ini, salah satunya Bioma. Bioma ini punya pengertian sebagai suatu wilayan yang mempunyai sifat-sifat iklim ataupun geografis yang sama.

Hal-hal yang tergolong dalam sifat iklim atau geografis ini meliputi komunitas makhluk hidup yang ada di dalamnya seperti hewan, tumbuhan, bakteri, virus maupun organisme lainnya. Ada nama lain dari Bioma yang mungkin lebih sering Anda dengar yaitu Ekosistem.

Suatu Bioma bisa terbentuk karena adanya suatu proses yang panjang dan pada akhirnya dibagi berdasarkan jumlah dan jenis makhluk hidup maupun tidak hidup yang ada di tempat tersebut.Bioma terbagi menjadi 6, salah satunya adalah bioma hutan hujan tropis.

Kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang bioma hutan hujan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Pengertian dari hutan hujan tropis sendiri merupakan ekosistem atau bioma hutan yang senantiasa dalam kondisi lembab atau basah.

Biasanya hutan semacam ini banyak ditemukan di daerah yang dekat dengan khatulistiwa tepatnya yang berada di lintang 0 sampai 10 derajat ke arah utara maupu selatan. Hutan ini terletak di daerah beriklim tropis dan mempunyai curah hujan yang tinggi.

Contents

  Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Hal-hal Penting Tentang Bioma Hutan Hujan Tropis

mengenal bioma hutan
kompasiana.com

Bioma bisa dikenali dari berbagai faktor dan tiap-tiap bioma pun punya karakteristiknya sendiri-sendiri. Guna lebih memudahkan dalam memahami tentang bioma hutan hujan tropis kali ini akan dijelaskan beberapa aspek yang penting diketahui ketika mempelajari bioma.

A. Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis

Bioma hutan hujan tropis dapat dikenali dari beberapa ciri yang khas, diantaranya adalah:

1. Curah hujan tinggi

daerah hutan hujan tropis umumnya selalu basah dan lembab karena pada daerah tersebut sering terjadi hujan sepanjang tahunnya. Tingginya curah hujan ini kemudian berpengaruh terhadap keanekaragaman yang terdapat di dalamnya.

Di hutan hujan tropis umumnya ditemukan keanekaragaman yang lebih banyak dibandingkan dareah lain.

2. Banyak ditemukan pepohonan berukuran tinggi

Ciri selanjutnya adalah adanya pohon-pohon dengan ketinggian menjulang. Poin ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Adanya curah hujan yang tinggi membuat tumbuhan tercukupi kebutuhan airnya dengan baik.

Akibatnya tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik yang menghasilkan pohon-pohon berukuran tinggi. Anda bahkan bisa menemukan pohon yang tingginya mencapai 20 hingga 40 meter di dalam hutan hujan tropis.

3. Adanya pepohonan berdaun lebat

Selain curah hujannya yang tinggi sepanjang tahun, di hutan hujan tropis juga matahari bersinar terus menerus.

Pohon-pohon yang tercukupi kebutuhan air dan haranya ditambah sinar matahari yang baik akan menghasilkan proses fotosintesis yang berjalan sempurna. Hasilnya pohon-pohon tumbuh baik dan berdaun lebat.

4. Terjadinya penaungan sinar matahari hingga tak sampai ke permukaan tanah

Pohon-pohon yang tumbuh lebat di dalam hutan hujan tropis membuat daun-daun saling menutupi satu sama lain sehingga sinar matahari seringkali tak sampai ke permukaan tanah.

Akibatnya bagian dalam hutan akan terasa gelap dan lembab karena sinar matahari tak sanggup menerobos barisan pepohonan yang tinggi dan rimbun.

5. Terdapat iklim mikro di dalam hutan

Selain iklim makro yang menyelimuti hutan hujan tropism, ternyata di bagian dalam hutan juga terdapat iklim-iklim mikro yang terbentuk. Iklim mikro ini salah satunya ditemukan di daerah sekitar permukaan tanah ataupun di bawah kanopi daun.

  Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

6. Tidak ada dominansi jenis tanaman tertentu

Ada keanekaragaman hayati yang sangat besar di hutan hujan tropis. Akibatnya muncul banyak sekali jenis tanaman di dalam satu lingkungan tanpa adanya dominasi dari satu jenis tanaman tertentu.

B. Fungsi hutan hujan tropis

fungsi bioma
docplayer.info

Hutan hujan tropis memainkan peran yang sangat penting di muka bumi ini, khususnya dalam menjamin kelangsungan hidup makhluk hidup di dalamnya termasuk manusia. Berikut beberapa fungsi utama yang melekat pada hutan hujan tropis:

1. Penghasil oksigen dalam jumlah besar

Makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan mutlak membutuhkan oksigen untuk bisa hidup dan beraktivitas sehari-hari. Oksigen ini dihasilkan oleh tumbuhan hijau yang berfotosintesis.

Hutan hujan tropis yang berukuran besar dengan banyaknya tumbuhan hijau di dalamnya merupakan penyuplai oksigen yang punya kontribusi besar demi ketersediaan oksigen di bumi.

Banyaknya pohon dengan daun yang lebat membuat oksigen mampu dihasilkan dalam jumlah yang sangat banyak.

2. Habitat dari sekian banyak tumbuhan serta hewan

Hutan yang lebat merupakan habitat bagi banyak sekali jenis tumbuhan yang hidup di dalamnya. Tidak hanya itu, hutan hujan tropis ini pun menjadi tempat tinggal bagi beragam satwa liar yang hidup di dalamnya.

Tumbuhan dan satwa liar ini saling berinteraksi secara alami membentuk sebuah keseimbangan ekosistem.

3. Berperan penting dalam menjaga siklus hidrologi

Selain oksigen, makhluk hidup juga membutuhkan air untuk tetap hidup. Hutan hujan tropis ini merupakan tempat terjadinya siklus hidrologi agar tetap lancar.

Siklus hidrologi yang terjadi dengan baik bisa menjamin ketersediaan air bagi makhluk hidup dan mencegah terjadinya bencana alam terkait dengan air seperti banjir serta longsor.

Mengingat pentingnya peran bioma hutan hujan tropis untuk kelangsungan hidup organisme di bumi maka sudah sepatutnya manusia yang berakal sehat mampu turut serta menjaga kelestarian hutan bukan malah merusak demi kepentingan pribadi.

Menjaga alam berarti memberikan harapan untuk generasi selanjutnya agar tetap bisa hidup nyaman adn aman di bumi tercinta.

Bioma Hutan Hujan Tropis

yong bi Seseorang yang suka membaca novel dan puisi. Hobi bertanam, berpetualang dan berwisata kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *